Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Feb 2022 17:48 WIB

TRAVEL NEWS

Per 25 Februari, Traveler Bisa Masuk Singapura Tanpa Karantina Via Batam Bintan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau langsung penerapan pembatasan pintu masuk internasional yang salah satunya berada di Pelabuhan Batam.
Ilustrasi dermaga feri di Batam (dok. Kemenhub)
Batam -

Pembukaan wisata Batam dan Bintan disambut baik oleh Singapura. Per 25 Februari mendatang, traveler Indonesia bisa masuk Singapura via jalur laut.

Kabar baik itu pun tertulis dalam situs resmi Maritime and Port Authority Singapore seperti dilihat detikTravel, Kamis (17/2/2022). Adapun informasi itu diunggah pada Rabu, 16 Februari 2022.

Dalam informasinya, Singapura akan meluncurkan jalur Vaccinated Travel Lane (VTL) via laut dari Batam dan Bintan di Indonesia. Hal itu dilakukan untuk perlahan memulihkan konektivitas di antara dua negara.

Diketahui, traveler yang telah divaksin dua dosis penuh dapat melakukan perjalanan ke Singapura via jalur laut pada 25 Februari 2022. Adapun pengajuan aplikasi jalur VTL akan dibuka pada 22 Februari 2022.

Akses VTL itu pun tersedia bagi traveler yang bepergian dari Terminal Ferry Nongsapura di Batam dan Terminal Ferry Bandar Bintan Telani. Traveler bisa bebas masuk tanpa karantina.

Untuk informasi, pembukaan jalur VTL via laut itu terbatas untuk 350 pelancong dari Batam dan 350 pelancong dari Bintan per minggunya.

Bebas karantina juga diterapkan menyusul kebijakan travel bubble Indonesia-Singapura. Berdasarkan ketentuan travel bubble, warga negara Singapura atau WNI yang tinggal di Singapura diperkenankan masuk ke Batam-Bintan tanpa karantina.

Berikut terlampir ketentuan resmi untuk pengajuan jalur VTL:

1. Harus sudah divaksin lengkap dengan menunjukkan bukti fisik atau digital.

2. Harus menunjukkan hasil negatif tes COVID-19, yang dilakukan dua hari sebelum keberangkatan

3. Harus menjalani antigen rapid test (ART) saat kedatangan di Pusat Tes Cepat atau Pusat Tes Gabungan dalam 24 jam setelah kedatangan

Untuk WNI yang mengajukan visa untuk short-term visit diberlakukan persyaratan tambahan, seperti:

1. Membeli asuransi perjalanan senilai minimum S$ 30 ribu yang mencakup perawatan terkait COVID-19.

2. Menunjukkan bukti booking hotel

3. Menunjukkan tiket kepulangan feri

4. Menggunakan aplikasi TraceTogether selama di Singapura untuk tracing kontak



Simak Video "Ini Syarat Travel Bubble dari Singapura ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA