Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Feb 2022 20:15 WIB

TRAVEL NEWS

AirAsia Luncurkan 100 Taksi Terbang, Pemesanannya Seperti Pesan Ojol

Syanti Mustika
detikTravel
AirAsia X
Foto: AirAsia Berhad
Jakarta -

AirAsia mengumumkan akan meluncurkan taksi terbang di Asia Tenggara. Tahap awal mereka meluncurkan 100 pesawat listrik.

Dilansir detikcom, Kamis (17/2/2021) AirAsia bekerjasama dengan Avolon meluncurkan platform berbagi penerbangan antar kota dengan pesawat Avolon Vertical Aerospace VX4 untuk armadanya. Pesawat listrik ini akan melakukan uji terbang di bulan April nanti.

Tony Fernandes, CEO AirAsia, mengatakan penerbangan ditargetkan dimulai pada 2025. Regulator di Malaysia dan Singapura kemungkinan akan menyetujui operasi jauh lebih cepat daripada di Indonesia, Thailand, dan Filipina.

Tony mengatakan layanan berbagi perjalanan udara bisa dipesan melalui aplikasi seluler AirAsia dengan harga yang beragam. Pemesanannya pun sama seperti pemesanan tiket reguler.

"Kami tidak ingin ini menjadi produk eksklusif. Kami ingin semua orang dapat menggunakan produk ini," ujar Tony.

Avolon memesan 500 pesawat VX4 dari Vertical Aerospace tahun lalu. Semenjak itu 90% pesawatnya telah digunakan oleh AirAsia, Japan Airlines dan Gol dan Grupo Comporte Brasil. Kapasitas pesawat VX4 adalah empat penumpang dan satu pilot.

Pesawat ini memiliki jangkauan lebih dari 160 km dan merupakan salah satu dari semakin banyak pendatang di Vertical Take-off and Landing (eVTOL). CEO Avolon Domhnal Slattery, yang juga ketua Vertical Aerospace, mengatakan uji penerbangan VX4 pertama akan dimulai pada bulan April.

Taksi terbang ini diharapkan menjadi salah satu solusi dan opsi transportasi baru yang memudahkan perjalanan antar kota. Pesawat ini diklaim mampu terbang lebih dari sembilan jam.

Selain itu VX4 juga menawarkan transportasi yang aman dengan emisi rendah karbon. Hebatnya lagi pesawat ini menggunakan tenaga listrik atau baterai sebagai sumber dayanya. Mereka mengklaim juga pesawat VX4 100 kali lebih tenang dibanding helikopter.

Traveler pasti penasaran kan berapa harga naik taksi terbang ini? Bocoran dari Tony Fernandes tarif taksi terbang itu adalah USD 1 (Rp 14.300) setiap kilometernya.

Kapan ya taksi terbang ini diluncurkan di Indonesia?



Simak Video "Taksi Terbang Cilegon-Soetta Resmi Beroperasi, Berapa Tarifnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA