Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 18 Feb 2022 08:42 WIB

TRAVEL NEWS

Sangat Langka! Ilmuwan Temukan Bayi Hiu Hantu

Hiu hantu
Foto: CNN
Jakarta -

Bayi hiu hantu yang sangat langka ditemukan oleh para ilmuwan. Penemuan itu berasal dari ribuan meter di laut dalam.

Para ilmuwan di Selandia Baru telah menemukan hiu hantu yang baru menetas. Menurut mereka, penemuan ini dapat memberi tahu pengetahuan mereka tentang makhluk misterius itu.

Hiu hantu ditemukan di kedalaman sekitar 1.200 meter di Chatham Rise. Itu adalah area dasar laut di lepas pantai timur Pulau Selatan, Selandia Baru.

"Penemuan sangat langka itu saat pelaksanaan survei baru-baru ini," kata Institut Nasional Penelitian Air dan Atmosfer mengatakan dalam siaran pers dan dikutip detikTravel Jumat (18/2/2022), melansir CNN.

Hiu hantu merupakan hewan air dalam yang secara ilmiah dikenal sebagai chimaera, dengan nama lain termasuk ikan tikus, ikan hantu, dan ikan kelinci, menurut Shark Trust. Hiu hantu berkerabat dekat dengan hiu dan pari.

Hiu hantuKapsul telur hiu hantu (Foto: CNN)

Mereka termasuk dalam ikan bertulang rawan, memiliki kerangka yang sebagian besar terdiri dari tulang rawan. Embrio mereka tumbuh dalam kapsul telur yang diletakkan di dasar laut dan memakan kuning telur sampai mereka menetas.

"Anda bisa tahu hiu hantu ini baru menetas karena perutnya penuh dengan kuning telur," kata Brit Finucci, salah satu anggota penemu.

"Cukup mencengangkan. Sebagian besar hiu hantu laut dalam dikenal sebagai spesimen dewasa. Keberadaan neonatus jarang dilaporkan sehingga kami hanya tahu sedikit tentang mereka," dia menambahkan.

Spesies hiu hantu yang ditemukan tim belum diketahui. Finucci mengatakan akan ada tes lebih lanjut dan analisis genetik.

Usia spesimen membuatnya menjadi penemuan yang sangat langka. Ini akan membantu memberi informasi ilmiah tentang hiu hantu muda, karena Finucci mengatakan spesies chimaera lain menunjukkan bahwa fase remaja dapat memiliki kebutuhan makanan dan habitat yang berbeda dengan hiu dewasa.



Simak Video "Melihat Bayi Hiu Hantu, Ditemukan di Dasar Laut"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA