Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 18 Feb 2022 20:25 WIB

TRAVEL NEWS

Kemungkinan Perang Dunia 3 dan Efeknya Pada Pariwisata

Rusia dan Ukraina
Ilustrasi (Getty Images/iStockphoto/Leestat)
Jakarta -

Rencana invasi Rusia ke Ukraina memunculkan kemungkinan adanya perang dunia 3. Efeknya juga bisa berimbas ke pariwisata.

Merujuk pada media NPR, Jumat (18/2/2022), per 16 Februari lalu sekitar 150 ribu tentara Rusia disebut telah mengelilingi perbatasan Ukraina. Sewaktu-waktu, invasi Rusia atas Ukraina juga bisa saja terjadi.

Rusia juga mengatakan bahwa mereka tak akan melakukan invasi. Namun, tak menutup kemungkinan kalau Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengambil langkah lain.

Adapun kemungkinan akan invasi Rusia ke Ukraina juga dibarengi dengan sejumlah konsekuensi, seperti sanksi internasional, kemunculan pencari suaka dan lainnya.

"Jika Rusia tetap memaksa, kami akan memaksa dunia untuk menolak agresi mereka. AS dan sekutunya di seluruh dunia siap memberi sanksi kuat dan pembatasan ekspor," ujar Presiden AS Joe Biden.

'Perang dingin' antar sesama negara eks Soviet itu juga turut mempengaruhi pariwisata di Ukraina dan Rusia, yang cukup populer di kalangan wisatawan Eropa. Mengutip media Hurriyet Daily, tensi yang meningkat juga membuat turis Turki ketakutan.

"Di awal tahun 2020 ini, sekitar 7.000 orang mengunjungi Kiev, Lviv di Ukraina dan Moskow. Hanya di bulan Februari, tak ada turis Turki yang liburan ke destinasi itu," ujar pelaku wisata di Turki.

"Semua tur yang dijadwalkan pada 15 Maret telah dibatalkan atau diundur ke tanggal lain," dia menambahkan.

Pandemi COVID-19 terbukti tak menghentikan antusiasme turis Turki yang mau wisata ke Ukraina. Namun, tensi yang menegang di antara kedua negara berhasil mengusir kabur turis Turki.

Faktanya, turis Turki memang tak memerlukan visa untuk masuk ke Ukraina. Atas dasar itu, Ukraina lebih populer di mata turis Turki ketimbang Rusia.



Simak Video "Luncurkan Serangan Masif di Ukraina, Rusia Hancurkan 200 Gerilyawan"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA