Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 21 Feb 2022 22:57 WIB

TRAVEL NEWS

Soal Relaksasi Prokes, Luhut: Tak Perlu Latah Ikutan Negara Lain

Tim detikcom
detikTravel
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (dok. Istimewa)
Jakarta -

Tak sedikit negara lain di dunia yang mulai melonggarkan aturan. Namun, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan sebut tak usah ikut-ikutan negara lain.

Sejumlah negara melonggarkan pembatasan COVID-19 dan mulai bersiap hidup berdampingan dengan Corona. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Indonesia tidak akan buru-buru mengambil langkah serupa dengan melonggarkan pembatasan Corona.

"Meskipun beberapa negara lain sudah mulai memberlakukan kebijakan pelonggaran dan transisi ke endemik seperti Inggris, Denmark, dan Singapura, namun kita tidak perlu latah atau ikut-ikutan seperti negara tersebut," ujarnya dalam konferensi pers, Senin (21/2/2022).

Luhut mengatakan, Indonesia akan melakukan transisi ke endemi secara bertahap dengan menerapkan prinsip kehati-hatian. Ia juga meminta agar masyarakat tetap waspada dan tidak lengah, terlebih lonjakan kasus yang diakibatkan Omicron diprediksi masih akan terus terjadi.

"Kami akan terus melakukan evaluasi mengenai status endemi ke depannya," bebernya.

Adapun indikator transisi pandemi COVID-19 ke endemi oleh Luhut di antaranya mencakup tingkat kekebalan masyarakat tinggi, kasus melandai, kapasitas respons fasilitas kesehatan, kasus baru yang stabil dan konsisten.

Pihaknya disebut masih akan terus berkomunikasi dengan para pakar untuk menentukan masa transisi pandemi COVID-19 menjadi endemi di Indonesia. Untuk mencapai hal tersebut, vaksinasi lengkap harus dipercepat dan booster bagi para lansia.



Simak Video "Luhut Bicara Langkah Konkret Agar Perfilman Indonesia Makin Tumbuh"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA