Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 26 Feb 2022 19:58 WIB

TRAVEL NEWS

Formasi Batuan Kalapakampit Berumur 300 Juta Tahun Ada di Sini

Femi Diah
detikTravel
Sandiaga Uno meninjau Geosite Open Pit Nam Salu di Bellitung Timur.
Menparekraf Sandiaga Uno meninjau Geosite Open Pit Nam Salu di Bellitung Timur. (dok. Humas Kemenparekraf)
Belitung Timur -

Geosite Open Pit Nam Salu di Kabupaten Belitung Timur memiliki keistimewaan yang patut traveler ketahui. Area ini memiliki formasi batuan kalapa kampit berusia 300 juta tahun.

Geosite Open Pit Nam Salu terletak di Kecamatan Kelapa Kampit. Batuan itu merupakan warisan geologi bekas tambang timah terbuka yang terdalam dan terbesar di Asia Tenggara, yaitu sekitar 100 meter.

"Formasi Bebatuan Kelapa Kampit ini terbentuk 300 juta tahun yang lalu. Jadi sebelum zaman Jurassic, jadi boleh dibilang inilah site tertua," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Sandiaga mengungkapkan wisata berbasis heritage yang ada di kawasan geosite Open Pit Nam Salu ini menjadi salah satu poin ditetapkannya Geopark Nasional Belitung sebagai Unesco Global Geopark pada sidang ke-211 Dewan Eksekutif Unesco pada 2021. Geosite ini merupakan satu-satunya geosite berbentuk kepulauan di Indonesia.

"Geopark maritim yang kita kembangkan ini harus berbasis berkelanjutan. Menjadi pemicu kebangkitan ekonomi kita melalui inovasi, adaptasi, dan kolaborasi serta bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja," katanya.

Selain itu, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menyebutkan Belitung menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan side events dari KTT G-20 pada September 2022. Sehingga, hal ini dapat menjadi momentum kebangkitan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja bagi masyarakat Belitung.

"Pemerintah hadir untuk memberdayakan UMKM, tadi kita juga sudah meninjau UMKM-UMKM di Kelapa Kampit. Sehingga saatnya sekarang kita bergandengan tangan mempercepat pemulihan ekonomi kita," ujar Sandiaga.

Sandiaga Uno meninjau Geosite Open Pit Nam Salu di Bellitung Timur.Sandiaga Uno meninjau Geosite Open Pit Nam Salu di Belitung Timur yang memiliki formasi batuan Kelapakampit berusia 30 0Juta Tahun. (dok. Humas Kemenparekraf)

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Belitung Timur, Burhanuddin, mengungkapkan kedatangan Menparekraf ke Belitung Timur dapat membangkitkan semangat masyarakat untuk membenahi sektor pariwisata dalam rangka mempersiapkan diri sebagai lokasi side event KTT G-20.

"Semoga (KTT) dapat menjadi kesempatan bagi kami untuk membangkitkan kembali ekonomi kreatif setelah pandemi ini," kata Burhanuddin.



Simak Video "Ijtima Ulama di Jogja Dukung Sandiaga Jadi Capres 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA