Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 27 Feb 2022 17:45 WIB

TRAVEL NEWS

Sawadikap! Phuket Mau Ganti Status Covid-19 Jadi Endemi

bonauli
detikTravel
Beautiful sunset at tropical sea with long tail boat in south thailand
Phuket (Getty Images/primeimages)
Phuket -

Pariwisata Phuket terus berusaha menggaet turis dengan berbagai cara. Kini Phuket berencana untuk mengakhiri pandemi.

Dilansir dari Bangkok Post, Phuket berencana menjadi provinsi pertama di Thailand yang mendeklarasikan Covid-19 sebagai endemi. Pejabat setempat mengatakan bahwa keputusan ini muncul karena meningkatnya wisatawan di sana.

"Phuket akan sangat senang menjadi provinsi pertama yang mendeklarasikannya," kata Wakil Gubernur Phuket Pichet Panapong.

Status endemi, sambung dia, bisa diberikan bila tingkat infeksi di suatu provinsi tidak melebihi 10 ribu kasus baru per hari. Di samping itu, tingkat fatalitasnya tidak melebihi 0,1 persen, dan lebih dari 80 persen warga yang berisiko sudah menerima dua dosis vaksin Covid-19, merujuk pada Komite Nasional Penyakit Menular Thailand.

"Saya harap ini bisa membantu mengurangi kekhawatiran soal virus dan fokus pada pemulihan ekonomi," dia menambahkan.

Pichet juga mengatakan akan meminta pemerintah pusat untuk memperpendek durasi isolasi mandiri bagi pasien positif Covid-19. Ia mengusulkan karantina cukup dilakukan selama lima hari dari 10 hari yang berlaku saat ini.

Ia mengusulkan turis untuk karantina selama lima hari pertama di rumah, di pusat karantina, atau di rumah sakit sebelum diizinkan untuk kembali beraktivitas dengan menerapkan langkah pencegahan Covid-19 yang ketat selama lima hari berikutnya. Hal itu sebagai solusi atas masalah cuti kerja yang menimbulkan dilema.



Simak Video "Pakar Sebut Butuh 200 Tahun untuk Musnahkan Virus "
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA