Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 01 Mar 2022 19:32 WIB

TRAVEL NEWS

Setelah Hampir 2 Tahun, 6 Turis Asing Kembali Kunjungi Sabang

Agus Setyadi
detikTravel
Museum Tsunami Aceh di Jalan Iskandar Muda, Banda Aceh, Provinsi Aceh menjadi pengingat tragedi dan simbol kebangkitan rakyat Tanah Rencong dari terjangan tsunami yang pernah melanda wilayah tersebut pada 2004 silam.
Foto: Museum Tsunami Aceh, Tanah Rencong (Yudha Maulana/detikcom)
Jakarta -

Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh mencatat, ada enam wisatawan asing yang berkunjung ke Aceh pada awal 2022. Ini merupakan kunjungan pertama turis asing ke Tanah Rencong sejak Corona melanda.

"Untuk perkembangan kunjungan wisatawan mancanegara dari periode Januari 2021 sampai Desember 2021, kita mencatat belum ada kunjungan wisman ke Aceh," kata Koordinator Fungsi Statistik Sosial BPS Aceh, Dadan Supriadi dalam konferensi pers virtual, Selasa (1/3/2022).

Kunjungan turis asing baru tercatat pada Januari 2022. Enam pelancong itu berasal dari Jerman sebanyak satu orang, Australia sebanyak 4 turis dan lainnya satu orang.

Keenam turis itu masuk lewat Sabang. Sementara lewat pintu kedatangan lain di Provinsi Aceh tidak tercatat adanya wisman.

"Untuk Januari 2022 kami mencatat ada enam orang wisatawan mancanegara di Provinsi Aceh," ujar Dadan.

Sebelumnya, BPS mencatat, wisatawan asing terakhir berkunjung Aceh pada Maret 2020. Saat itu, turis yang melancong ke sejumlah lokasi di Tanah Rencong berjumlah 2.389 orang.

Turis terbanyak berasal dari Malaysia (2.047 orang), Jerman (30 orang), Singapura (28) dan sejumlah negara lainnya. Sebulan berselang yakni April 2020, BPS mencatat hanya satu orang wisman yang berkunjung ke Aceh.

Satu orang itu adalah WNI yang bekerja atau tinggal di negara lain lebih dari satu tahun dan kemudian kembali ke Indonesia. Mulai April, pembatasan penerbangan dan pelayaran sudah mulai diberlakukan di Aceh.



Simak Video "BPS Catat Nilai Ekspor Juli 2022 Turun 2,20% mom"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA