Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 02 Mar 2022 20:35 WIB

TRAVEL NEWS

Festival Budaya di Kampung Bali Bekasi, Contoh Toleransi Antarumat Beragama

Festival Budaya di Kampung Bali Bekasi
Foto: Fakhri Fadlurrohman/detikcom
Bekasi -

Masyarakat Kampung Bali di Bekasi merayakan karnaval seni budaya di RW 9, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi. Karnaval ini dimeriahkan dengan pawai kolaborasi budaya yang ada di Bekasi.

Dalam pantauan detikcom pada pukul 16.48 WIB, Rabu (2/3/2022) pawai budaya seperti ogoh-ogoh, ondel-ondel, marawis, hadroh dan pencak silat mengelilingi perkampungan. Masyarakat yang berada di sekitar pun menonton dan mendokumentasikan pawai tersebut.

Festival Budaya di Kampung Bali BekasiFestival Budaya di Kampung Bali Bekasi. Foto: Fakhri Fadlurrohman/detikcom

Menurut salah seorang sesepuh Kampung Bali, I Ketut Gunarta pawai tersebut salah satu rangkaian untuk menyambut ulang tahun Kota Bekasi. Karnaval ini bertujuan untuk mengemas budaya dengan berlatarkan keragaman umat di Kota Bekasi.

"Karnaval seni budaya bisa terlaksana baik dengan lancar tanpa kekurangan apapun, parade ini, karnaval ini kita adakan menyambut dengan ulang tahun Kota Bekasi, kita kemas dengan seni budaya seluruh insan kesenian di Kota Bekasi, ada ondel-ondel, pencak silat, marawis, hadroh, ada juga kesenian khas bali yaitu ogoh-ogoh," ujar Sesepuh Kampung Bali, Bekasi I Ketut Gunarta ketika dijumpai Rabu (2/3/2022).

Festival Budaya di Kampung Bali BekasiFestival Budaya di Kampung Bali Bekasi. Foto: Fakhri Fadlurrohman/detikcom

Ketut menjelaskan bahwa karnaval ini tidak berkaitan dengan Hari Raya Nyepi besok. Menurutnya karnaval ini hanya sebagai ajang silaturahmi umat beragama di Kota Bekasi.

"Tujuannya adalah bagaimana mempererat silaturahmi, kebetulan kalau kita bicara (kegiatan) di kampung bali ini murni karena adanya festival seni budaya, kalau bicara dengan Nyepi, itu adanya di pura," tuturnya.

Menurut Ketua RT 11, Puji Lestari, warga Kampung Bali di Bekasi sudah saling menghormati kepercayaan antar umat. Oleh karenanya selama perayaan Nyepi, kavling Kampung Bali akan ditutup sehari penuh.

"Selama ibadah Nyepi, kami tutup gerbang nya, kami batasi, hanya pejalan saja yang boleh beroperasi," ucap Ketua RT 11

"Jadi kami tetep melakukan kegiatan itu di dalam rumah, anak-anak yang bermain di luar kita berusaha, usahakan sebisa mungkin untuk tidak ribut di luar, agar saudara-saudara kami yang menjalankan ibadah sepi ini khusyu," lanjutnya.



Simak Video "Jelang Nyepi, Umat Hindu di Magelang Gelar Prosesi Sembahyang"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
e-LIfe
×
Perilaku Selingkuh dari Faktor Genetika, Apa Iya?
Perilaku Selingkuh dari Faktor Genetika, Apa Iya? Selengkapnya