Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 02 Mar 2022 11:52 WIB

TRAVEL NEWS

Wisata Bromo Tutup saat Hari Raya Nyepi

M Rofiq
detikTravel
Kawasan wisata Gunung Bromo
Foto: M Rofiq
Probolinggo -

Wisata Gunung Bromo ditutup selama Hari Raya Nyepi. Kawasan wisata ditutup pada Kamis-Jumat (3-4/3/2022) mulai pukul 05.00 WIB.

Penutupan kawasan Bromo dilakukan atas permintaan warga Tengger dan PHDI (Persatuan Hindu Dharma Indonesia) ke pihak pengelola TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru).

Sebab pada hari Kamis-Jumat itu akan dilaksanakan Tapa Brata untuk perayaan Nyepi 1944 tahun Saka umat Hindu di Tengger.

Ketua PHDI Kabupaten Probolinggo Bambang Suprapto membenarkan bahwa pihaknya telah menyurati pengelola taman nasional. Surat pemberitahuan penutupan tertuang dalam nomor 107/Pem/PHDI-KAB/II/2022.

"Sudah kami surati pihak TNBTS di Malang, untuk melakukan penutupan wisata Gunung Bromo sehari saja, saat perayaan ritual Nyepi, agar umat Hindu Tengger, khusus dalam menjalankan ibadah Tapa Brata Nyepi" ujar Bambang, Rabu (2/3/2022).

Menurut Bambang, penutupan penutupan akan dilakukan di 4 pintu masuk Gunung Bromo. Keempat pintu itu antara lain di Kabupaten Lumajang, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo.

Sedangkan untuk pintu di Kabupaten Probolinggo, penutupan akan dilakukan sejak di pintu masuk Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura. Pintu tersebut nantinya akan dijaga dari unsur Polisi, TNI, Satpol PP dan warga.

"Penutupan dilakukan di 4 pintu masuk ke wisata Gunung Bromo, dari Kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo, kalau yang dari Probolinggo, akan ditutup dari Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura, dan dipasang portal dijaga oleh petugas dari 4 pilar, TNI, Polisi, Satpol PP dan warga muslim Bromo," jelas Bambang.

Penutupan Kawasan Gunung Bromo atas permintaan Umat Hindu dimaksudkan agar saat ibadah pada Hari Raya Nyepi berlangsung khidmat dan khusyuk. Ini karena pada saat Nyepi, seluruh Umat Hindu Tengger harus berhenti dari semua aktivitasnya.

Artikel ini telah tayang di detikJatim. Untuk mendapatkan informasi seputar Surabaya dan sekitarnya, kunjungi tautan ini.

Simak juga 'Hari Raya Nyepi, Jokowi: Tata Kembali Sikap-Jaga Keharmonisan':

[Gambas:Video 20detik]



(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA