Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 02 Mar 2022 11:13 WIB

TRAVEL NEWS

Besok Libur Lagi, Polisi Imbau Wisatawan Tertib Saat ke Puncak

Putu Intan
detikTravel
Kemacetan honor terjadi di jalur Puncak, Bogor, pada Minggu (27/2) yang sempat viral. Usai macet panjang menerpa Puncak kini jalur tersebut kembali normal.
Wisatawan yang ke Puncak di libur Hari Raya Nyepi diminta tertib. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Bogor -

Kemacetan horor di Puncak Bogor Jawa Barat jangan sampai terulang. Polisi lalu lintas Bogor menyiapkan langkah antisipasi dan mengimbau wisatawan agar tertib.

Kepala Urusan Pembinaan Operasi (KBO) Lantas Bogor Iptu Ketut Lasswarjana menyampaikan sejumlah langkah yang akan dilakukan jelang libur Hari Raya Nyepi yang dilanjutkan dengan libur akhir pekan.

Rekayasa lalu lintas akan dilakukan. Selain itu, polisi juga akan memastikan tempat wisata dan restoran patuh pada kapasitas pengunjung yang ditetapkan pemerintah.

"Kita dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) tetap mengantisipasi. Pertama dengan menerapkan ganjil-genap. Kedua di Kabupaten Bogor dilakukan pengecekan objek wisata, restoran, rumah makan dan memastikan kapasitas sesuai PPKM Level 3," katanya ketika dihubungi detikcom via telepon, Selasa (1/3/2022).

Selain itu, sistem satu arah (one way) juga akan diberlakukan untuk mengurai kepadatan. "Rekayasa lalu lintas one way baik yang naik maupun yang turun," ujarnya.

Iptu Ketut juga mengimbau masyarakat agar tertib berkendara. Ini berkaca dari kemacetan panjang selama 12 jam pada pekan lalu yang salah satu penyebabnya adalah pemotor yang melambung.

"Kami mengimbau masyarakat yang akan menuju Puncak untuk mengikuti rambu-rambu lalu lintas. Jangan melambung karena dapat berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain," katanya.

Lalu terkait saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19, Iptu Ketut juga meminta masyarakat agar tetap patuh pada protokol kesehatan. "Pastikan ikuti protokol kesehatan karena pandemi masih ada," tukasnya.

Sebelumnya, Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin juga menyampaikan adanya penambahan kekuatan dan bantuan dari Polda Jawa Barat untuk menangani lonjakan kendaraan di kawasan Puncak saat liburan.

"Terus digelar sesuai dengan yang sudah tergelar saat ini kalau pun ada kekurangan kami ingin memintakan bantuan back-up dari Polda. Sesuai dari arahan Kapolda tadi juga personil dari Polda akan di-back-up-kan ke Polres Bogor apabila dibutuhkan penambahan kekuatan untuk pengaturan lalu lintas," kata dia.



Simak Video "Malam Minggu, Arus Lalin Jalur Puncak Ramai Lancar"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA