Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 08 Mar 2022 07:12 WIB

TRAVEL NEWS

Dirgahayu 5 Taman Nasional Pertama di RI, Kamu Sudah Tahu?

Putu Intan
detikTravel
Taman Nasional Baluran
Taman Nasional Baluran. Foto: Dok. RedDoorz
Jakarta -

Kabar gembira datang dari lima taman nasional di Indonesia. Kelimanya baru merayakan hari jadi ke-42, lho!

Dilihat detikcom dari Instagram Taman Nasional Gunung Leuseur @bbtn_gn_leuser, Senin (7/3/2022) kelima taman nasional yang berulang tahun adalah Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Ujung Kulon, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Taman Nasional Baluran, dan Taman Nasional Komodo.

Sedikit membahas soal sejarah penetapan status taman nasional, pada tanggal 6 Maret 1980 Menteri Pertanian RI Ir. Soedarsono Hadisapoetro menyatakan lima kawasan suaka alam sebagai taman nasional (kawasan pelestarian alam).

[Gambas:Instagram]



Pengelolaan kelima taman nasional itu diserahkan pada Direktorat Perlindungan dan Pengawetan Alam, Dirjen Kehutanan, dan Departemen Pertanian.

Bila kita membedah kelima taman nasional tersebut, semuanya memiliki ciri khas masing-masing. Taman nasional ini berada di daerah berbeda dengan flora dan fauna yang khas.

Taman Nasional Gunung Leuser terletak di Sumatera Utara. Selain menjadi kawasan konservasi, tempat ini juga menjadi destinasi wisata.

Destinasi terkenal di Taman Nasional Gunung Leuser adalah Bukit Lawang dan Tangkahan. Bila traveler pernah menonton video musik Adu Rayu yang dibawakan Yovie, Tulus dan Glen, pasti tak asing dengan Tangkahan.

Taman Nasional Gunung LeuserTaman Nasional Gunung Leuser. Foto: (TNGL/Instagram)

Salah satu satwa yang dilindungi di sana adalah gajah sumatera. Selain itu Gunung Leuser juga merupakan hutan hujan tropis-nya Sumatera.

Beralih ke Taman Nasional Ujung Kulon yang terletak di Banten, ini merupakan rumah bagi pelestarian badak jawa. Selain itu, wisatawan yang datang ke sana juga dapat menikmati suasana sungai dan pantai.

Wisatawan melakukan aktivitas berkano di Sungai Cigenter, Taman Nasional Ujung Kulon, Banten. Sungai Cigenter terletak di Taman Nasional Ujung Kolon dilokasi ini adalah salah satu habitat Badak Jawa. File/detikFotoTaman Nasional Ujung Kulon. Foto: Agung Pambudhy

Selanjutnya, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, termasuk salah satu taman nasional favorit warga ibu kota Jakarta. Taman ini terletak di wilayah Bogor dan Sukabumi.

Satwa yang terkenal tinggal di sana adalah elang jawa. Di sana juga menjadi tempat wisata dan pendakian favorit.

Kemudian Taman Nasional Baluran yang terletak di Situbondo, Jawa Timur. Taman Nasional Baluran kerap disebut sebagai Africa van Java karena saat kemarau, pemandangannya mirip di Afrika.

Taman Nasional Baluran masih ditutup di masa PPKM. Meski belum bisa bertemu langsung, yuk lihat aktivitas para satwa di taman nasional ini dari jepretan lensa.Taman Nasional Baluran. Foto: ANTARA FOTO/BUDI CANDRA SETYA

Di sana hidup berbagai satwa seperti rusa, banteng, hingga burung merak. Daya tarik wisatanya adalah savana hingga gua Jepang.

Terakhir, Taman Nasional Komodo yang terletak di Nusa Tenggara Timur (NTT). Seperti namanya, di sana merupakan habitat komodo.

Wisatawan melihat komodo di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur.Wisatawan melihat komodo di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Traveler yang datang ke sana dapat melihat langsung kehidupan komodo yang asli Indonesia tersebut. Jangan takut karena perjalanan menjumpai komodo akan dipandu ranger.



Simak Video "Terungkap! 2 Hektare Ladang Ganja di Taman Nasional Gunung Leuser Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA