Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 10 Mar 2022 07:41 WIB

TRAVEL NEWS

Tanpa Antigen/PCR, Penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai Diprediksi Naik

Femi Diah
detikTravel
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali kembali dibuka pasca Hari Raya Nyepi
Foto: dok. Angkasa Pura I
Badung -

Pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali memprediksi jumlah rata-rata penumpang harian meningkat setelah syarat naik pesawat dilonggarkan.

Penerbangan domestik tidak lagi mensyaratkan hasil negatif tes antigen atau PCR. Bandara tersebut tidak mewajibkan pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) yang telah menerima vaksin Covid-19 dosis kedua atau dosis ketiga (booster) untuk menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen Covid-19 sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 21 Tahun 2022.

"Dengan adanya relaksasi regulasi ini kami yakin akan dapat meningkatkan traffic penumpang dan pergerakan pesawat di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali," ujar Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Taufan Yudhistira, seperti dikutip dari Antara, Kamis (10/3/2022).

Ia mengatakan dengan adanya aturan baru itu jumlah rata-rata penumpang harian di bandara diprediksi meningkat hingga 20 persen.

"Memang untuk saat ini peningkatan jumlah penumpang belum terlihat karena aturan ini baru kami terapkan kemarin sore, namun kami yakin 2-3 hari lagi kami bisa melihat efek positif dari kebijakan ini," katanya.

Taufan Yudhistira menjelaskan meskipun ada kelonggaran dari sisi tes Covid-19 sebagai persyaratan penerbangan, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin untuk mencegah penyebaran pandemi di area Bandara Bali. Aturan tidak wajib menunjukkan hasil tes Covid-19 tersebut juga tidak berlaku bagi PPDN yang baru mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

Oleh karena itu, pihaknya juga masih menyediakan layanan tes Covid-19 baik dengan metode antigen maupun PCR di area bandara untuk memfasilitasi calon penumpang pesawat yang masih membutuhkan tes Covid-19 sebagai persyaratan perjalanan.

"Kami tetap memberlakukan protokol kesehatan secara ketat. Kami juga tetap menugaskan tim operasional yang mengingatkan seluruh pengguna jasa bandara untuk selalu disiplin protokol kesehatan," kata Taufan.



Simak Video "Vaksin Booster Bakal Jadi Syarat Kegiatan-Perjalanan"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA