Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 12 Mar 2022 07:22 WIB

TRAVEL NEWS

Gajah Paling Suci Mati, Sri Lanka Berduka

Femi Diah
detikTravel
Gajah paling suci di Sri Lanka mati.
Gajah paling suci di Sri Lanka mati. (AFP/-)
Kolombo -

Gajah paling suci di Sri Lanka tewas di umur 68 tahun. Pemerintah dan warga berduka mendalam.

Nadungamuwa Raja adalah gajah spesial. Gajah itu diangggap paling penting di antara 100 gajah yang digunakan dalam kontes tahunan yang melibatkan pemakan api dan penabuh genderang. Raja bertugas membawa peti emas relik Buddha di punggungnya.

Kematiannya dilepas oleh warga Sri Lanka dari berbagai kalangan pada Senin (7/3/2022) seperti dikutip dari AFP, Sabtu (12/3). . Terdapat anak sekolah, pendeta berjubah safron, dan seorang wanita tua dengan bingkai Zimmer, memberikan penghormatan terakhir kepada kepada Raja. mereka berdoa dan menyentuh gadingnya yang perkasa dengan hormat.

Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa menyatakan Raja dimasukkan ke dalam daftar kekayaan nasional. Dia juga memerintahkan agar jenazah gajah itu dilestarikan. Tujuannya agar bisa disaksikan oleh anak cucu.

Raja akan diserahkan kepada ahli taksidermi pada Senin setelah upacara pemakaman secara Buddha dilakukan.

Kini, Sri Lanka mencari penerus Raja. Langkah itu membutuhkan proses yang panjang.

Gajah yang dipilih harus dari kasta tertentu dengan karakteristik fisik khusus untuk memenuhi syarat. Ketika gajah berdiri, tujuh titik, empat kaki, belalai, penis, dan ekornya, harus menyentuh tanah.

Hewan itu juga harus memiliki punggung yang rata, gadingnya harus dibentuk dalam bentuk penampi tradisional dan tingginya harus sekitar 3,6 meter.

Pengecualian dibuat dengan Raja, yang tingginya hanya 10,5 kaki, karena itu adalah yang tertinggi di negara itu pada saat itu.

Raja lahir di India dan telah diberikan ke Sri Lanka oleh seorang pangeran India.

Gajah adalah spesies yang dilindungi di Sri Lanka tetapi banyak yang dipelihara sebagai hewan peliharaan, karena dianggap sebagai simbol status.

Hukum telah diperketat dalam beberapa tahun terakhir untuk melarang penangkapan gajah liar yang dapat dihukum mati.

Pegiat hak-hak binatang mengatakan gajah-gajah penangkaran sering dianiaya, tuduhan yang dibantah oleh kuil-kuil dan pemilik gajah-gajah peliharaan.



Simak Video "Pintarnya Gajah Beraksi, Riau"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA