Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 12 Mar 2022 11:30 WIB

TRAVEL NEWS

Arakbica Diluncurkan, KemenkopUKM: Kita Dukung

Arakbica
Foto: Arakbica (dok.Twallen)
Jakarta -

Arakbica merupakan kombinasi arak dari Karangasem dan kopi dari Kintamani, Bali. Saat peluncuran di sebuah restoran bernama Twalen Warong, M Bloc Space, KemenkopUKM memberikan dukungan.

Deputi Bidang Usaha Mikro KemenKop UKM, Eddy Satria mengatakan akan mendukung pengembangan petani kopi dan arak yang terlibat dalam produksi Arakbica.

"Ini adalah terobosan luar biasa, baik kami, nanti kami dari Kemenkop khususnya saya deputi mikro bertanggung jawab dan akan mendukung bagaimana pengembangan petani-petani ya yang terkait dengan kopi dan araknya atau niranya barangkali, pengolahan nya itu di bawah kita tanggung jawab saya bagaimana memajukan mikronya," kata Eddy.

Eddy menuturkan, KemnkopUKM menyediakan pelatihan untuk petani bagaimana menanam dan memanen dengan narasumber yang sudah teruji. Pelatihan yang tak dipungut biaya ini bisa mendorong petani menjadi lebih tekun.

"Pertama tentu saja kami dari deputi mikro untuk petaninya itu kita bukan sok tau ya tapi kita sudah punya bagaimana kita memberikan pelatihan pelatihan di berbagai daerah dengan narasumber yang memang sudah teruji. tentu saja tukar pengalaman nanti akan menjadikan petani petani itu bisa melihat hal positif atau negatif dari cara mereka bertani," kata Eddy.

"Kumpulkan 30-40 orang, kita bisa ikutkan mereka pelatihan gratis dari kami, dari uang rakyat sebetulnya tentu saja barangkali bisa di balai desa atau kalau mau di hotel atau di kantor UMKK setempat itu bisa kita adakan latihan. Pokok materinya bisa beragam, disamping bagaimana menanam memanen dan memanfaatkan nirah kalau khusus ini,"

Pada tahap berikutnya, jika produksinya sudah bisa terserap 100 persen di lokal, maka bisa diperluas ke pasar internasional.

"Nanti yang kedua kita bisa masuki pasar internasional atau ekspor kita bisa bekerja dengan deputi UKM kita bagaimana prosedur nya, itu ada standar dari kita jadi tidak ada masalah kita akan mendukung," tutur Eddy.



Simak Video "Wisatawan Masuk Bali Meningkat di Pelabuhan Gilimanuk"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA