Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 13 Mar 2022 14:50 WIB

TRAVEL NEWS

Penerbangan Jet Pindah ke Soetta, Crazy Rich Terbang 523 Kali

bonauli
detikTravel
Bisnis jasa sewa jet pribadi tengah jadi sorotan. Pasalnya permintaan penggunaan jasa sewa jet pribadi alami peningkatan di masa pandemi Corona.
Ilustrasi jet pribadi (Rengga Sancaya)
Jakarta -

Layanan jet pribadi mulai kembali bergairah. Sebelumnya dioperasikan di Bandara Halim Perdanakusuma, kini layanan ini ada di Bandara Soekarno Hatta.

Hal ini terkait dengan revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma. Layanan jet pribadi mulai beroperasi sejak 24 Januari 2022.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan ada 14 maskapai yang mengoperasikan layanan pesawat jet pribadi di Bandara Soetta.

"Terkait fasilitas, keberangkatan dan kedatangan penumpang jet pribadi ini dilakukan di lokasi khusus yakni Saphire Precious Lounge yang terletak di kawasan Terminal 1, bukan di terminal penumpang maskapai berjadwal," kata Muhammad Awaluddin dalam siaran pers.

Pada periode 24 Januari 2022 hingga 10 Maret 2022 jumlah penerbangan pesawat pribadi yang dioperasikan 14 maskapai di Bandara Soekarno-Hatta secara kumulatif tembus 523 penerbangan, terdiri dari 353 penerbangan domestik dan 170 penerbangan internasional. Sementara itu, total jumlah penumpang tercatat sebanyak 2.584 orang penumpang.

Setidaknya ada 3 fasilitas khusus yang paling dibutuhkan penumpang pesawat jet pribadi. Mulai dari ruangan atau lounge khusus, area parkir kendaraan khusus, dan layanan Bea Cukai, Karantina, dan Imigrasi eksklusif.

Di samping itu, Bandara Soekarno-Hatta juga sudah dilengkapi dengan berbagai penambahan infrastruktur sisi udara seperti east cross taxiway, high speed exit taxiway, hingga runway tambahan sehingga kapasitas bandara dalam melayani penerbangan meningkat dan dapat melayani penerbangan jet pribadi dengan lancar.

"Fasilitas khusus dan infrastruktur yang lengkap membuat operasional pesawat jet pribadi juga tidak mengganggu operasional penerbangan berjadwal," ungkap Awaluddin.

Adapun saat ini sudah terdapat penerbangan berjadwal di Bandara Soekarno-Hatta yang dilayani berbagai maskapai berjadwal domestik seperti Garuda Indonesia Group, Lion Air Group, Sriwijaya Air Group dan AirAsia Indonesia, lalu maskapai berjadwal internasional, kemudian layanan helikopter dan kini layanan pesawat jet pribadi.



Simak Video "Keluarga Cek Kesiapan Jelang Kepulangan Eril di Bandara Soetta"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA