Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 15 Mar 2022 07:11 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga: Kemenparekraf Tak Biayai Brand di Paris Fashion Show

Putu Intan
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno dalam jumpa pers, Senin (10/1/2022).
Menparekraf Sandiaga Uno. Foto: Kemenparekraf
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan Kemenparekraf tak membiayai pagelaran brand-brand yang mengaku tampil di Paris Fashion Week 2022. Pihaknya mendukung dengan cara lain.

"Fungsi kami adalah membina dan terus mendorong para jenama (brand) yang dimiliki talenta terbaik bangsa ini bukan hanya untuk go national tetapi juga go international," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin (14/3/2022).

Sandiaga menegaskan tidak memberikan dana apapun untuk mendukung acara tersebut. Mereka hanya membantu dengan memberikan semangat dan urusan administratif.

"Tidak satu rupiah pun dana dari pemerintah, dari Kemenparekraf yang membiayai kunjungan dari jenama tersebut di Paris," ujarnya.

"Tapi kami memfasilitasi dengan memberikan semangat, memberikan inspirasi, memfasilitasi komunikasi dengan KBRI, pengurusan visa dan sebagainya," dia menambahkan.

Sandiaga menilai peragaan fashion di luar negeri sudah selayaknya didukung. Ini karena sektor ini juga menyumbang devisa bagi negara.

"Sebagian jenama perlu kita apresiasi karena turut berkontribusi pada peningkatan ekspor produk ekraf yang tahun lalu menembus rekor Rp 21 miliar, dari sub sektor fashion," ia memaparkan.

Sebelumnya, jagat maya gaduh lantaran beberapa brand asal Indonesia mengklaim tampil di Paris Fashion Week 2022. Nyatanya, mereka hanya tampil di Paris dan tidak termasuk dalam jadwal resmi dari ajang peragaan busana nan bergengsi itu.

Warganet menilai pameran di Paris itu membanggakan Indonesia karena produk fashion, kosmetik, hingga kuliner mampu tampil di sana. Namun, banyak juga yang menyayangkan praktik ambush marketing yang dilakukan menyalahi etika hingga disebut membohongi publik.

Sementara itu, untuk jadwal resmi dari Paris Fashion Week 2022 sebenarnya ada dua desainer asal Indonesia yang tampil di sana. Mereka adalah Sean Sheila dan Jewel Rocks.

Simak juga 'Permintaan Maaf MS Glow soal Kontroversi Paris Fashion Week':

[Gambas:Video 20detik]



(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA