Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Mar 2022 23:25 WIB

TRAVEL NEWS

Batu Iblis Terbelah Dua, Warga Jepang Takut Rubah Ekor Sembilan Muncul

bonauli
detikTravel
Ilustrasi Orang Jepang
Ilustrasi orang Jepang (iStock)
Nasu -

Jagad sosial media sedang ramai dengan foto terbaru dari Sessho-seki. Untuk informasi, Sessho-seki adalah batu pengurung iblis dan kini sudah terbelah dua.

Sessho-seki menjadi landmark dari Nasu, Tochigi Prefektur, Jepang. Sebuah papan penanda juga dibuatkan agar siapa pun tidak mendekat dan menyentuh Sessho-seki.

Dilansir detikTravel dari The Guardian, Jumat (18/3/2022), Sessho-seki adalah sebuah batu vulkanik besar yang diberi tanda berupa tali di sekelilingnya. Batu ini dipercaya dapat membunuh siapa pun yang menyentuhnya.

Sayangnya, batu ini tiba-tiba terbelah dua. Warga Jepang auto-panik, mereka takut akan ada rubah berekor sembilan yang muncul.

Sessho-seki adalah legenda kuno budaya Jepang. Dalam mitologi Jepang, batu ini berkaitan dengan cerita Tamamo-no-Mae.

Konon, Tamamo-no-Mae adalah seorang wanita cantik yang rohnya dirasuki rubah berekor sembilan, atau kitsune, roh iblis yang dikenal lihai menyamar. Alkisah, Tamamo-no-Mae diperalat untuk merayu dan membunuh Kaisar Toba.

Singkat cerita, roh rubah tersebut ketahuan dan diburu oleh dua ksatria. Roh itu kemudian menancapkan dirinya ke dalam batu Sessho-seki. Sebagai upaya terakhir, dia melepaskan gas beracun yang membunuh siapa saja yang menyentuhnya.

Masyarakat setempat percaya, roh tersebut bersemayam di dalam batu lebih dari 1.000 tahun. Dari sisi sejarah, batu Sessho-seki terdaftar sebagai situs sejarah lokal pada tahun 1957, sampai seorang pendeta Buddha melakukan ritual yang diyakini membuat roh tersebut beristirahat.

Secara ilmiah, kejadian ini bisa dijelaskan dengan adanya teori erosi yang mengakibatkan batu terbelah. Batuan itu telah diamati dan memiliki sejumlah retakan sejak beberapa tahun lalu. Kemungkinannya, air masuk dan mempercepat pengikisan dari dalam.

"Sayang sekali batu ini terbelah, karena sudah menjadi ikon dari daerah ini. Tapi saya setuju bahwa ini terjadi karena proses alamiah," ujar Masaharu Sugawara, ketua relawan grup.

Meski demikian, wisatawan berbondong-bondong ingin melihat batu iblis tersebut. Menurut pengakuan orang-orang itu, mereka merasa seperti telah melihat sesuatu yang seharusnya tidak mereka lihat.

Sementara pejabat pemerintahan lokal dan nasional akan bertemu untuk membahas nasib dari batu tersebut. Seorang pejabat Nasu berkata bahwa dia ingin Sessho-seki kembali pada bentuk aslinya, karena takut iblis keluar dari sana.

Di dalam film animasi Jepang, nama siluman rubah ekor sembilan identik sebagai sumber kekuatan dari karakter Naruto. Dalam anime itu, rubah ekor sembilan juga disebutkan sebagai sosok siluman yang sangat kuat dan berbahaya!



Simak Video "Ilmuwan Jepang Kembangkan 'Kulit Manusia' pada Jari Robot"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA