Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 19 Mar 2022 10:39 WIB

TRAVEL NEWS

UMKM Cuan Gede di MotoGP, Sandi Harap Bisa Menutup Kerugian akibat COVID

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memuji kesiapan sarana transportasi di Bandara Internasional Lombok dalam menyambut pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022.
Sandiaga Uno di Bandara International Lombok saat melihat pameran UMKM Foto: Dadan Kuswaraharja
Lombok Tengah -

Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberi kesempatan UMKM untuk beraksi di perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia. Rupanya hal ini cukup membawa cuan buat UMKM.

Dalam mempromosikan produk ekonomi kreatif, Kemenparekraf/Baparekraf mengadakan showcasing produk ekraf melalui Planogram Goes to Mandalika di tempat yang sama. Melalui planogram ini wisatawan dapat membeli produk-produk ekonomi kreatif dengan melakukan pindai pada barcode yang tersedia di tiap produk.

Terdapat 300 produk yang terdiri dari subsektor fesyen, kriya, dan kuliner dalam Planogram Goes to Mandalika yang bisa dilihat di Bandara International Lombok. Dan hasilnya menurut Sandiaga luar biasa, karena 300 UMKM ini bisa menghasilkan omzet Rp 1,2 miliar. Keuntungan yang didapatkan pelaku UMKM selama penyelenggaraan MotoGP Mandalika dapat menutup kerugian yang disebabkan oleh wabah global COVID-19 yang melanda selama dua tahun belakangan.

"Bapak Presiden memberikan arahan MotoGP ini harus membuat UMKM naik kelas, karena itu kami menyediakan peluang buat UMKM untuk berjualan. Karena omzet yang mereka hasilkan bisa meng-offset dua tahun terakhir," ujar Sandiga.

Berbagai produk ekraf UMKM yang ditampilkan tersebut adalah khas dari desa wisata di Pulau Lombok. Seperti produk UMKM dari Desa Wisata Dusun Sade berupa kain tenun, kerajinan, serta tarian.

Adapun kain tenun yang ditampilkan seperti Kedogan, Tapu Kemalu, Selulut, Subhanale, serta Keker. Sementara untuk kerajinan, dalam showcasing ini ditampilkan kerajinan ketak, kerajinan gelang, kerajinan kayu, serta pernak-pernik khas Dusun Sade.

Wisatawan juga berkesempatan menyaksikan pertunjukan budaya atau_culturale performance_ berupa tarian yang ikonis. Diantaranya Tari Amak Temengus dan Tari Belancaran dari Desa Wisata Dusun Sade, serta Tari Gendang Beleq dari Desa Wisata Kopang Rembiga. Wisatawan juga dapat melihat langsung keahlian para pengrajin kain tenun dari Dusun Sade.

"Kita harus pastikan MotoGP ini membawa optimisme kebangkitan, dan kita terus rawat momentum dari kepulihan ekonomi kita," kata Sandiaga Uno.

Kemenparekraf/Baparekraf sebelumnya juga telah menjalankan berbagai program dalam memberdayakan UMKM lokal dengan memberikan pelatihan dan peningkatan kompetensi. Sehingga dapat memperkuat daya tarik bagi wisatawan.

"Kita harus dapat menghadirkan produk-produk berkualitas yang tentunya bisa menjadi momentum kebangkitan ekonomi kita," kata Sandiaga.

Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP 2022) akan berlangsung selama tiga hari ini mulai hari Kamis (18/3) hingga Minggu (20/3). Di hari pertama, Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP 2022)akan diisi dengan free practice (latihan bebas) Moto3, Free Practice Moto2, serta Free Practice MotoGP.

MotoGP Indonesia merupakan seri kedua dari Kejuaraan Dunia 2022 setelah sebelumnya seri pertama berlangsung di Qatar pada awal Maret 2022. Di seri pertama, pembalap asal Italia dari tim Gresini Racing, Enea Bastianini berhasil meraih tempat pertama.



Simak Video "Respons Sandiaga Uno Soal MotoGP Terancam Batal"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA