Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 19 Mar 2022 14:15 WIB

TRAVEL NEWS

Pacitan Punya 20 Desa Wisata Potensial untuk Kebangkitan Ekonomi

Putu Intan
detikTravel
Sandiaga di Desa Wisata Sendang Pacitan
Foto: dok. Kemenparekraf
Pacitan -

Kabupaten Pacitan dikenal punya daya tarik wisata pantai nan menarik. Selain itu, di sana juga ada 20 desa wisata potensial untuk kebangkitan ekonomi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melihat potensi itu ketika berkunjung ke Pacitan untuk sosialisasi Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2022. Salah satu desa yang ia kunjungi adalah Desa Wisata Sendang.

Desa wisata ini masuk sebagai 300 besar dalam ADWI 2021 kemarin, di desa ini memang sudah sangat baik pengelolaan wisatanya. Hal tersebut juga diperlihatkan dengan peningkatan pendapatan dari penduduk dan juga lapangan pekerjaan yang bisa memanfaatkan penduduk sekitar desa wisata tersebut.

Di Provinsi Jawa Timur terdapat potensi 570 desa wisata, sementara di kabupaten Pacitan ada sekitar 20 desa wisata yang diminta Menteri Sandiaga Uno untuk di daftarkan di ADWI 2022 ini.

"Kemenparekraf meminta 570 desa wisata di Jawa Timur untuk mendaftar sehingga nanti akan semakin banyak tumbuh desa wisata berkualitas yang menjadi tujuan pariwisata penunjang dari destinasi pariwisata prioritas tanah air," kata Sandiaga dalam rilis yang diterima detikcom.

Sandiaga di Desa Wisata Sendang PacitanSandiaga di Desa Wisata Sendang Pacitan. Foto: dok. Kemenparekraf

Desa Wisata Sendang sendiri berjarak 29 kilometer dari pusat kabupaten. Nama 'Sendang' berasal dari nama sebuah mata air.

Konon, dahulu terjadi adu kekuatan antara Prabu Brawijaya dan Ki Ageng Pandanaran memperebutkan air untuk minum. Ki Ageng Pandanaran menancapkan tongkatnya dan timbulah sumber air, sejak itulah desa ini dinamakan desa Sendang.

Objek wisata yang terkenal di Desa Sendang adalah Pantai Klayar, yang sudah menjadi destinasi favorit wisatawan bila ke Pacitan.

Sandiaga di Desa Wisata Sendang PacitanSandiaga di Desa Wisata Sendang Pacitan. Foto: dok. Kemenparekraf

Dalam kunjungan itu, Sandiaga sempat membeli sayur mayur petani. Lalu memberikan seperangkat perlengkapan voli pantai untuk komunitas pemuda.

Tak lupa ia juga mengunjungi perajib gula Jawa yang menjadi komoditas lokal Desa Wisata Sendang. Sandiaga menjanjikan bantuan dalam proses design kemasan dan juga mendaftarkannya ke instansi terkait.

"Jadi nanti produknya akan kita bantu penjualannya sehingga bisa bersaing dengan produk lainnya," ujarnya.

Dia menegaskan, dengan bertemu ibu Tuni maka dia akan sangat membantun karena akan membuka lapangan pekerjaan.

"Kalau dikembangkan dengan baik maka bisa ditingkatkan lapangan pekerjaannya," jelasnya.



Simak Video "Pacitan Diguncang Gempa M 4,4"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
e-Life
×
Pamer Body Count di Medsos, Kok Bangga?
Pamer Body Count di Medsos, Kok Bangga? Selengkapnya