Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 13 Mar 2022 21:38 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pasar Unik di Temanggung, Alat Tukarnya Pakai Keping Bambu

Pasar Papringan Temanggung, Jawa Tengah, tergolong pasar yang unik. Dikatakan unik karena pasar ini digelar di bawah rerimbunan rumpun bambu. Alat tukarnya menggunakan
Pasar Papringan Temanggung, Jawa Tengah Foto: Kemenparekraf
Temanggung -

Pasar Papringan Temanggung, Jawa Tengah, tergolong pasar yang unik. Dikatakan unik karena pasar ini digelar di bawah rerimbunan rumpun bambu. Alat tukarnya menggunakan "uang keping bambu" dan hanya menjual produk kuliner khas daerah serta ragam produk souvenir dengan bahan utama bambu.

Lokasi Pasar Papringan

Pasar Papringan adalah pasar tradisional yang berlokasi di Dusun Ngadiprono, Desa Ngadimulyo, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Pasar Papringan dibuka pada hari Minggu Wage dan Minggu Pon mulai pukul 06:00 sampai dengan 12:00 WIB setiap bulannya.

Menparekraf Sandiaga Uno mengapresiasi Pasar Papringan yang telah menghadirkan kreasi dengan penuh kreativitas sehingga menghadirkan destinasi berkualitas dan berkelanjutan yang mendukung tatanan baru pariwisata dan ekonomi kreatif pascapandemi.

Mengutip situs Humas Pemprov Jateng, pengunjung dan pedagang di tempat ini diwajibkan bertransaksi menggunakan kepingan uang berbentuk persegi panjang yang terbuat dari bambu. Setiap keping uang bambu yang disebut 'pring' bernilai Rp2.000 yang dapat ditukarkan di berbagai titik di dalam pasar.

"Saya mengapresiasi Pak Singgih selaku pendiri atau penggagas Pasar Papringan yang telah menghadirkan destinasi wisata yang memiliki keunikan. Menurut saya ini jadi inovasi sebagai tatanan ekonomi baru. Biasanya kebun bambu gelap, tapi ini disulap jadi destinasi wisata yang membuka peluang usaha dan lapangan kerja," kata Sandiaga saat berkunjung ke Pasar Papringan, Minggu (13/3/2022).

Pasar Papringan Temanggung, Jawa Tengah, tergolong pasar yang unik. Dikatakan unik karena pasar ini digelar di bawah rerimbunan rumpun bambu. Alat tukarnya menggunakan Sandiaga saat mengunjungi Pasar Papringan Temanggung, Jawa Tengah Foto: Kemenparekraf

Sandiaga menjelaskan, Temanggung merupakan salah satu daerah penyangga Borobudur yang merupakan Destinasi Super Prioritas. Sehingga diharapkan dapat menghadirkan destinasi wisata baru dan ragam event.

"Temanggung ini saya harapkan jadi daerah destinasi wisata yang bisa menghadirkan event-event dalam pendukungan bangkitnya perekonomian, karena Temanggung ini salah satu daerah penyangga Destinasi Super Prioritas, yaitu Borobudur," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Temanggung, Muhammad Al Khadziq, menyampaikan pihaknya akan terus mengembangkan destinasi wisata di Temanggung berbasis desa wisata.

"Model pengembangan seperti desa wisata akan kita kembangkan. Sehingga kunjungan akan semakin banyak. Dan diharapkan wisatawan dari Borobudur bisa berkunjung ke Temanggung," kata Al Khadziq.



Simak Video "Menikmati Keindahan 7 Gunung dari Embung Bansari Temanggung"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA