Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 06 Mar 2022 17:52 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Nasi Goreng Tembakau Temanggungan, Apa Tidak Pahit?

Nasi goreng tembakau
Nasi goreng tembakau
Nasi goreng tembakau
Nasi goreng tembakau
detikTravel Community -

Temanggung punya wisata kuliner unik. Jika plesir ke sana, jangan lupa untuk mencari nasi tembakau ini.

Temanggung terkenal sebagai daerah penghasil tembakau. Kebun-kebunnya mudah dijumpai di sepanjang jalan. Hasil perkebunan tembakau memang identik digunakan sebagai bahan dasar rokok.

Nama kuliner yang kita bahas adalah nasi goreng tembakau. Mungkin banyak yang penasaran dan bertanya tanya tembakau yang sejatinya menjadi bahan baku rokok, lalu kenapa bisa dimakan dan dibuat nasi goreng?

Salah satu rumah makan di Temanggung yang berlokasi tidak jauh dari alun-alun Kota Temanggung, tepatnya Jalan MT Haryono yang menyediakannya. Nama rumah makan tersebut yakni Temanggung Bersenyum yang akrab disebut Tebers.

Rumah makan ini tampak dari luar, terlihat dinding-dinding yang dihiasi dengan tulisan Nasi Goreng Mbako atau Tembakau. RM Tebers sendiri kini menjadi salah satu destinasi wisata kuliner di Temanggung.

Tidak hanya menyajikan menu unik, bangunan seperti meja kursi dan peralatan dibuat berbeda. Di dalamnya terdapat foto-foto para pemimpin Temanggung dari zaman kolonial hingga saat ini.

Kursi dan meja pun dibuat dengan konsep klasik. Pengelola RM Tebers mengatakan nasi goreng tembakau atau mbako merupakan menu utama yang disajikan rumah makan ini.

Ada dua jenis yaitu nasi goreng tembakau, yakni yang biasa dan nasi goreng tembakau srintil. Tembakau dalam nasi goreng ini yang digunakan bukan daunnya, melainkan dari bijinya.

Biji- biji tembakau dihaluskan kemudian dicampurkan dengan bumbu nasi goreng. Jenis tembakau yang digunkan adalah tembakau srintil, tembakau srintil merupakan tembakau khas daerah Temanggung.

Nasi Goreng ini hampir sama bentuknya dengan nasi goreng biasanya hanya saja yang membedakan adalah rasa pahit dan aroma khas dari tembakau yang membuat sensasi makan menjadi berbeda.

Perpaduan antara gurihnya bumbu nasi goreng dan aromah khas biji tembakau membuat sensasi baru para pecinta kuliner. Harganya sendiri terjangkau.

Untuk satu porsi nasi goreng nasi goreng tembakau dihargai Rp 14.000 dan untuk tembakau srintil lebih mahal yaitu Rp 17.000. Jadi, buat Anda pecinta kuliner unik, sajian ini patut untuk dicoba.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA