Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 21 Mar 2022 07:17 WIB

TRAVEL NEWS

Penonton MotoGP Jadi Korban Macet, Sandiaga Minta Maaf dan Janji Benahi

Lombok Tengah -

Saat menjelang dan usai balapan MotoGP, kemacetan di kawasan Mandalika tak terelakkan. Bahkan, rombongan menteri saja banyak yang terkena imbasnya.

Kemacetan terjadi di sekitar bypass Bandara menuju sirkuit dan jalan-jalan alternatif, seperti Jalan Raya Kuta. Kemacetan berlangsung berjam-jam, sampai akhirnya banyak penonton yang telat melihat balapan.

Pemerintah berjanji akan melakukan traffic management yang lebih baik untuk event-event berikutnya di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

"Ini evaluasi utama, karena saya berangkat pagi sekali dan sampai ke sini ikut mengalami macetnya pasti masyarakat mengalami yang lebih parah. Saya mohon maaf atas nama pemerintah bagi yang terjebak macet," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Pertamina Mandalika International Street Circuit usai balapan Pertamina Grand Prix of Indonesia, Minggu (20/3/2022) malam.

Sandiaga yang juga ketua panitia pendukung MotoGP Mandalika mengatakan pemerintah berjanji menyediakan tambahan tempat parkir, infrastruktur lain seperti terowongan menuju tribun, karena 1 terowongan yang sudah tersedia sekarang menyebabkan penumpukan jumlah penonton.

"Tim lagi evaluasi, kita harus mampu memberikan informasi lebih awal dari segi pengaturan keberangkatan, memang sudah banyak yang pakai shuttle, tapi yang macet kan mobil-mobil pribadi di bandara, jadi kita akan gencar melakukan sosialisasi," ujar Sandiaga.

Namun, kemacetan saat balapan biasa terjadi begitu juga di balapan luar negeri.

"Sepengetahuan saya, saya sering ikut race di luar negeri di Eropa, Amerika, Asia, memang hampir setiap race itu seperti itu makanya setelah balapan dibuat kegiatan musik untuk memecah after party-nya atau festival UMKM, sehingga bisa memecah orang yang pulang," ujar Sandiaga.

"Banyak dicatat potensi perbaikan ke depan misalnya infrastruktur tadi, kita harus perhatikan soal parkir, flow dari kendaraan sehingga tidak terlalu macet di saat keluar juga mengalami kemacetan ini akan kita review. Tantangan seperti ini yang harus kita hadapi. Overall saya terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia yang ikut membantu pelaksanaan MotoGP mudah-mudahan ini membawa keberkahan untuk kita," dia menambahkan.

(ddn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA