Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 22 Mar 2022 16:11 WIB

TRAVEL NEWS

Jabodetabek PPKM Level 2, Ini Aturan Wisata Terbarunya

Tim detikcom
detikTravel
Meningkatnya kasus COVID-19 imbas varian Omicron membuat Jabodetabek terapkan PPKM level 3. Sejumlah aturan pun diberlakukan di mal Jakarta selama PPKM.
Ilustrasi suasana di mall Blok M (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah melalui Inmendagri terbaru menetapkan Jabodetabek di status PPKM level 2. Ketahui lagi aturan berwisata terbarunya.

Jabodetabek berada di PPKM level 2 selama dua pekan ke depan. Hampir seluruh kegiatan atau operasional di sejumlah sektor dibatasi dengan kapasitas maksimal 75 persen.

Ya, tren kasus COVID-19 secara nasional menurun termasuk di Jabodetabek. DKI Jakarta belakangan konsisten mencatat laporan kasus harian di rentang seribu kasus.

Meski begitu, pemerintah menegaskan tak bakal melonggarkan aturan protokol kesehatan COVID-19 seperti memakai masker di fase transisi menuju endemi. Penerapan PPKM menjadi perhitungan suatu wilayah bisa melakukan relaksasi.

Merujuk pada Inmendagri No 18 Tahun 2022, berikut aturan lengkap PPKM Jabodetabek dua pekan ke depan di sektor pariwisata:

Sektor FnB

Warteg, restoran, rumah makan, hingga kafe dengan lokasi di dalam ruangan maupun luar ruangan diizinkan buka dengan ketentuan seperti berikut:

a) protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 21.00 waktu setempat
b) kapasitas maksimal 75% (tujuh puluh lima persen)
c) waktu makan maksimal 60 (enam puluh) menit dan
d) wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai serta hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksinasi karena alasan kesehatan.

Mal

Kegiatan di mal juga dibatasi kapasitasnya hingga 75 persen dan diperbolehkan buka sampai pukul 21:00 waktu setempat. Anak wajib sudah divaksinasi. Berikut ketentuan lengkapnya.

Anak usia di bawah 12 (dua belas) tahun wajib didampingi orang tua. Khusus anak usia 6 (enam) tahun sampai dengan 12 (dua belas) tahun wajib menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama.

Tempat bermain anak-anak, dan tempat hiburan dalam pusat perbelanjaan/ mal/ pusat perdagangan dibuka dengan syarat menunjukkan bukti vaksinasi lengkap khusus untuk setiap anak usia 6 (enam) sampai dengan 12 (dua belas) tahun.

Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi terhadap semua pengunjung dan pegawai serta hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk, kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan.

Bioskop

Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai

Kapasitas maksimal 75% (tujuh puluh lima persen) dan hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan.

Anak usia di bawah 12 (dua belas) tahun wajib didampingi orang tua. Khusus anak usia 6 (enam) tahun sampai dengan 12 (dua belas) tahun wajib menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama.

Restoran/ rumah makan dan kafe di dalam area bioskop diizinkan menerima makan di tempat (dine in) dengan kapasitas maksimal 75% (tujuh puluh lima persen) dan waktu makan maksimal 60 (enam puluh) menit.



Simak Video "Epidemiolog Dukung Vaksin Booster Jadi Syarat Masuk Area Publik"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA