Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 25 Mar 2022 12:45 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Sudah Prediksi Terjadi Penumpukan Sampah Usai MotoGP Mandalika

Sui Suadnyana
detikTravel
Sandiaga Uno
Foto: Sandiaga Uno (dok. Kemenparekraf)
Jakarta -

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno sudah memprediksi adanya penumpukan sampah usai event internasional MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Nah pengendalian sampah ini adalah salah satu dari tatanan ekonomi baru, di mana sampah itu merupakan satu kesatuan dari penyelenggaraan kegiatan. Jadi kita sudah memprediksi, baik sampah biasa maupun sampah medis," kata Sandiaga usai acara Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri 2022 di The Nusa Dua, Bali, Kamis (24/3/2022).

Menurut Sandiaga, pihaknya telah membentuk satuan tugas (satgas) dalam melakukan pengelolaan sampah di Sirkuit Mandalika agar dapat dikelola dengan baik.

"Jadi kemarin sudah ada satgasnya yang kami bentuk dan sampah ini nanti akan ditangani dikelola dengan baik. Sebagian untuk didaur ulang, sebagian lagi juga ditangani untuk dipastikan untuk tidak mencemari," terangnya.

Guna meminimalisir pengelolaan sampah yang buruk, Sandiaga tidak akan memberikan izin penyelenggaraan event tanpa adanya sertifikat cleanliness, health, safety and environmental sustainability (CHSE).

"Ini menjadi persyaratan, karena dalam kami memberikan izin untuk event itu harus sertifikasi CHSE (yang berarti) cleanliness, health, safety and environmental sustainability. Jadi sampah ini lah yang masuk di sisi keberlanjutannya," jelas Sandiaga.

Sebelumnya, viral di media sosial curhatan petugas kebersihan di Sirkuit Pertamina Mandalika usai perhelatan MotoGP. Ia menyayangkan banyak penonton yang meninggalkan sampah di bagian tribun setelah menonton MotoGP pada Minggu (20/3/2022).

"Capek banget jadi petugas kebersihan MotoGP Mandalika. Penontonnya ninggalin barang aneh-aneh lagi," tulisnya dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan, Selasa (22/3/2022).

Di unggahannya, dia juga menyebut jenis sampah yang ditinggalkan mulai dari bekas makanan dan minuman, jas hujan sekali pakai, kulit kuaci dan kacang, sampai tisu. Menumpuknya sampah di bagian tribun penonton membuat petugas kebersihan kewalahan dan harus membersihkan sampai keesokan harinya.



Simak Video "Ijtima Ulama di Jogja Dukung Sandiaga Jadi Capres 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA