Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 25 Mar 2022 14:45 WIB

TRAVEL NEWS

Terdampak Pandemi, Sandiaga Dukung Upaya Revitalisasi Taman Nusa Bali

Sandiaga Uno
Foto: Menparekraf Sandiaga Uno (dok. Kemenparekraf)
Jakarta -

Menparekraf Sandiaga Uno mendukung upaya revitalisasi destinasi wisata Taman Nusa, Gianyar, Bali. Objek wisata ini sangat terdampak oleh pandemi.

Sandiaga mengajak kolaborasi dari berbagai pihak, termasuk pemerintah provinsi serta politeknik pariwisata di lima Destinasi Superprioritas untuk mendukung revitalisasi. Sehingga, upaya pemulihan ekonomi bisa didukung dengan terbukanya lapangan kerja di sektor pariwisata yang terdampak akibat pandemi selama dua tahun terakhir.''

Saat mengunjungi Taman Nusa di Sidan, Gianyar, Bali, Sandiaga menjelaskan kondisi taman yang memiliki luas 10 hektare ini menunjukkan besarnya dampak pandemi pada sektor pariwisata. Taman Nusa merupakan taman budaya Indonesia yang menawarkan pengalaman komperhensif dan interaktif tentang budaya dari banyak kelompok etnis di Indonesia dengan latar belakang alam Bali.

"Inilah yang disebut scarring effect dari pandemi atau luka dalam yang susah sembuh dari pandemi. Pemerintah mesti hadir dengan pendanaan, pembiayaan, kerja sama, maupun juga pelatihan-pelatihan kepada para SDM-nya karena kita harus bangkit dengan tatanan ekonomi baru. Agar sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Gianyar bisa bangkit dan kembali membuka peluang kerja," ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Ada 60 rumah adat di Taman Nusa dan beberapa di antaranya telah berusia ratusan tahun. Wisatawan akan merasa seperti keliling Indonesia. Rencananya, taman ini akan berganti nama menjadi Indonesia Taman Nusantara setelah direvitalisasi.

"Kita bisa lihat sendiri kondisi infrastruktur dan juga bagaimana Taman Nusa ini sedang diupayakan untuk revitalisasi. Untuk itu kami hadir sebagai bagian dari tugas pemerintah secara cepat, tepat manfaat dan akurat, dengan kebijakan-kebijakan. Salah satunya dengan menjadikan tempat ini sebagai lokasi side event Rapat Koordinasi Kebangkitan Pariwisata Nasional yang akan diselenggarakan pada semester ke-2 tahun 2022," ujarnya.



Simak Video "Ijtima Ulama di Jogja Dukung Sandiaga Jadi Capres 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA