Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 27 Mar 2022 21:10 WIB

TRAVEL NEWS

Saat Menparekraf Dicurhati Pokdarwis se-Sumatra Barat

Jeka Kampai
detikTravel
Sandiaga Uno di Sumbar
Sandiaga Uno (Humas Kemenparekraf)
Padang -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, melakukan kunjungan ke Sumatra Barat. Begitu datang, Sandiaga diajak curhat!

Sandiaga Uno bertemu para pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) se-Sumatera Barat dalam kunjungannya ke Tanah Minang, Sabtu (26/3/2022).

Sandi mendengar langsung aspirasi serta kendala-kendala yang dihadapi para pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di 19 kabupaten/kota di Sumatra Barat dalam agenda 'Pokdarwis Bicara, Menparekraf Mendengar' di Auditorium Gubernuran.

Salah satu kendala yang banyak disampaikan para pengurus Pokdarwis adalah pengembangan sumber daya manusia unggul di daerah. Yakni SDM-SDM yang dapat menjadi aktor perubahan dengan memaksimalkan berbagai potensi di desa wisata secara berkualitas dan berkelanjutan.

Sandi berjanji akan menyelesaikan persoalan tersebut.

Sandiaga Uno di SumbarSandiaga Uno di Sumbar Foto: (Humas Kemenparekraf)

"Semua yang disampaikan teman-teman Pokdarwis hari ini sudah kami catat. Dan kami akan gerak cepat, kita ingin langsung selesaikan masalah yang dihadapi ini dengan berkolaborasi bersama semua pihak, termasuk kementerian/lembaga lain," kata Sandiaga.

Menparekraf mengakui pengembangan SDM menjadi salah satu kendala yang dialami banyak pokdarwis di daerah. Karenanya di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 ini, Kemenparekraf/Baparekraf menghadirkan satu kategori baru yakni kelembagaan desa.

Hal ini diharapkan dapat memicu peningkatan para pengelola lembaga desa termasuk pokdarwis. Selain juga Kemenparekraf/Baparekraf secara berkesinambungan menghadirkan berbagai program pelatihan dan peningkatan kapasitas yang dapat diikuti masyarakat.

Ia pun mengajak pengelola desa wisata di Sumatra Barat untuk dapat berpartisipasi di ajang ADWI 2022. Sumatra Barat menjadi provinsi yang paling banyak menempatkan desa wisatanya dalam jejaring desa wisata (Jadesta). Tercatat hampir 300 desa wisata yang sudah terdaftar dalam Jadesta.

Jadesta sendiri adalah sebuah situs yang menjadi sarana komunikasi dan wadah antar pengelola desa wisata di seluruh Indonesia.

"Saya ingin memberikan selamat kepada Sumatra Barat yang berhasil tembus sebagai provinsi dengan jumlah desa wisata terbanyak di Indonesia, ada 300 Nagari yang didaftarkan. Dan tahun lalu, di 50 besar ADWI terdapat desa-desa wisata dari Sumatra Barat. Seperti Desa Wisata Apar di Pariaman, Desa Wisata Saribu Gonjong, dan lainnya," kata Sandiaga.

Salah seorang pengurus Pokdarwis di Sumatra Barat, Yuliza menyampaikan, ada empat hal yang menjadi kendala utama dirinya sebagai penggiat pokdarwis. Pertama adalah sumber daya manusia. Ia sangat kesulitan mencari sumber daya manusia yang dapat menjadi local champion

Karenanya ia berharap dukungan dari Kemenparekraf untuk terus menghadirkan program-program yang dapat mengembangkan sumber daya manusia di daerah. Khususnya dalam mengembangkan desa wisata.

"Selain itu juga bicara desa wisata, juga tidak lepas dari sarana dan prasarana yang juga dapat bisa ditingkatkan," kata Yuliza.

Sementara Ketua Pokdarwis Desa Wisata Apar Pariaman, Fadel Muhammad, mengungkapkan saat ini sudah banyak manfaat yang dirasakan masyarakat dari desa wisata. Khususnya setelah Desa Wisata Apar masuk ke dalam 50 besar ADWI 2021.

"50 besar ADWI dampaknya sangat signifikan. Masyarakat mulai ikut membantu kami, keterlibatan masyarakat meningkat. Dampaknya, pelaku UMKM khususnya kuliner semakin menggeliat," kata Fadel Muhammad.

Selain itu, saat Desa Wisata Apar masuk dalam 50 besar ADWI, dukungan dari kementerian/lembaga lain dalam pengembangan infrastruktur juga langsung berjalan.

"Sebelumnya kami tidak punya toilet, tapi Kemendes langsung masuk (membuatkan toilet) setelah kami masuk 50 besar (ADWI). Namun tetap kami mengharapkan terus pembinaan SDM jadi hal yang paling utama," kata Fadel.



Simak Video "Meriam Unik Peninggalan Imam Bonjol, Padang"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA