Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 28 Mar 2022 12:14 WIB

TRAVEL NEWS

Wow, Hiu Seberat 725 Kg Ini Muncul di Lepas Pantai Florida

Hiu putih Scot
Foto: Scot (Ocearch/Youtube/CNN)
Jakarta -

Seekor hiu putih besar terlihat berenang di lepas pantai teluk Florida. Beratnya mencapai 1.600 pon atau sekitar 725 kg.

Namanya Scot, hiu jantan dewasa ini memiliki panjang 3,6 meter. Menurut kelompok kelautan nirlaba yang melihatnya, OCEARCH, Scot merupakan hiu putih besar ke- 74 yang dilepaskan kelompok itu di Samudra Atlantik Barat Laut.

Mereka memasangkan dan menandai setiap hewan pelacak elektronik yang akan berbunyi saat berada di permukaan laut. Begitu pun dengan Scot.

Diberitakan CNN Travel, Scot pertama kali ditandai pada bulan September 2021 di Nova Scotia. Dia melakukan perjalanan total 3.910 mil ke Pantai Timur hanya dalam 119 hari.

Scot bersantai di sekitar Florida Keys dan pantai teluk kira-kira sejak Hari Valentine. Hiu biasanya bergerak menuju pantai selama musim semi dan musim panas, sehingga, bulan April dan Oktober merupakan bulan aktivitas hiu tertinggi.

Menurut Komisi Konservasi Ikan dan Margasatwa Florida, negara ini merupakan rumah bagi lebih dari 13 spesies hiu. Meski biasanya hiu digambarkan sebagai predator yang berbahaya, serangan di Florida sangat jarang terjadi.

Komisi ini menggambarkan bahwa manusia mungkin bisa 30 kali disambar petir di Florida dari pada digigit hiu. Kurang dari 10 orang meninggal karena serangan hiu di setiap tahunnya.

OCEARCH dan Komisi Konservasi Ikan dan Margasatwa Florida pun menekankan peran hiu putih sebagai predator puncak dalam ekosistemnya.

"Hiu putih besar merupakan pusat fungsi ekosistem dan pemeliharaan keanekaragaman hayati," kata OCEARCH.

Sayangnya, mereka diklasifikasikan sebagai populasi yang rentan oleh World Wildlife Fund (WWF). Statusnya hanya satu langkah dari satwa terancam punah.



Simak Video "Ular Piton Terbesar di Florida Ditemukan"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA