Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 29 Mar 2022 08:11 WIB

TRAVEL NEWS

Kamu Mengalami Jet Lag? Cobalah Berjalan Tanpa Alas Kaki

bonauli
detikTravel
ilustrasi anak telanjang kaki
Ilustrasi bertelanjang kaki (iStock)
Jakarta -

Penerbangan dengan durasi panjang tampaknya bakal lebih sering terjadwal lagi setelah pandemi mereda. Ini tips biar enggak jet lag.

Akhir dari pandemi mulai terlihat. Penerbangan kembali aktif dan traveler bisa jalan-jalan lagi. Jet lag sendiri jadi 'penyakit' yang bisa menghantui.

Jet lag adalah efek dari penerbangan jarak jauh. Banyak cara disarankan untuk mengatasi jet lag, mulai dari olahraga, mandi air dingin sampai banyak tidur. Tapi sebenarnya ada cara paling sederhana yang bisa kamu lakukan, yaitu bertelanjang kaki.

Dilansir dari The New York Post, pakar kesehatan Dave Asprey menamakannya grounding atau pembumian.

Dalam bukunya yang berjudul Head Strong, Dave mengatakan bahwa terbang dapat mengganggu muatan listrik di sel ari tubuh kita. Sehingga, menimbulkan rasa lelah yang kita kenal sebagai jet lag.

"Ketika Anda naik pesawat, Anda membangun muatan statis di tubuh Anda yang memperlambat fungsi mitokondria. Dengan kata lain, baterai di tubuh Anda tidak dapat diisi daya karena terputus dari bumi," ujar dia.

Berjalan tanpa alas kaki di tanah dipercaya dapat 'menghubungkan kembali' tubuh dengan bumi.

"Otak Anda bekerja lebih baik ketika sistem kelistrikan Anda bekerja lebih baik. Saat otak bekerja lebih baik, gejala jet lag terasa berkurang drastis," dia menjelaskan.

Tak hanya berjalan di atas tanah, pasir pun tak jadi masalah. Saat berjalan di pantai, air asin laut menjadi konduktif yang sempurna untuk membantu prosesnya.

Selebriti dunia diketahui melakukan cara ini selepas penerbangan panjang. Sebut saja Naomie Harris, Gwyneth Parltrow hingga Bruce Willis.



Simak Video "Spesifikasi Indonesia One, Pesawat Kepresidenan RI yang Mungil "
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA