Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 18 Mar 2022 06:42 WIB

TRAVEL NEWS

Pernah Dengar Jim Wilson di Pesawat? Ternyata Itu Kode Rahasia

Putu Intan
detikTravel
Ilustrasi pramugari dalam penerbangan komersial
Foto: Getty Images/iStockphoto/guvendemir
Jakarta -

Traveler pernah mendengar nama Jim Wilson disebut di pesawat? Sebenarnya itu bukan nama orang sungguhan melainkan kode rahasia.

Kode rahasia 'Jim Wilson' kerap kali terdengar di penerbangan Amerika Serikat. Kode ini merujuk pada jenazah yang berada dalam pesawat.

Penggunaan nama Jim Wilson berguna supaya penumpang di pesawat yang sama tidak panik atau takut ketika tahu mereka terbang bersama jenazah. Nama Jim Wilson juga digunakan untuk penumpang yang tiba-tiba meninggal di tengah penerbangan.

Mungkin traveler penasaran, kenapa jenazah harus disebut Jim Wilson?

Dilansir dari The Sun, Jumat (18/3/2022) nama Jim Wilson berasal dari peti yang digunakan untuk mengangkut jenazah.

Dalam Manual Stabilisasi dan Transportasi Alcor 1997 dijelaskan bahwa Jim Wilson Trays sering digunakan sebagai kontainer pengiriman dan dikemas dengan es untuk mengawetkan mayat.

Selain sebagai kode rahasia, Pemimpin Redaksi US Funerals Online, Sara Marsden mengatakan, Jim Wilson dipakai untuk meja bantuan khusus untuk rumah duka yang disebut American Airlines Jim Wilson Service.

Sementara itu, maskapai lain menyebut jenazah dengan sebutan HR. Ini merupakan singkatan dari Human Remains.

Terbang bersama jenazah sebenarnya adalah hal yang lumrah. Setiap tahun ada sekitar 50.000 jenazah yang diangkut dalam pesawat. Ini karena seringkali keluarga jenazah ingin memakamkannya di tempat asal mereka.

Setiap jenazah yang diangkut dengan pesawat terbang perlu dibawa dalam peti yang aman. Kemudian dimasukkan ke airtray. Jenazah itu juga harus dilengkapi dengan izin transit penguburan atau surat keterangan dari petugas kesehatan.



Simak Video "Dicari! Sosok yang Viralkan Jenazah Tak Diantar Warga Bak Sinetron"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA