Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 23 Jan 2022 13:45 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Cara Pramugari Perlakukan Jenazah di Pesawat

Putu Intan
detikTravel
Airplane cabin during flight. Shallow DOF, selective focus.
Foto: iStock
Jakarta -

Traveler mungkin penasaran, apa yang terjadi bila ada penumpang yang meninggal di dalam pesawat? Pramugari membagikan prosedur penanganannya.

Seorang pramugari maskapai Virgin Australia Briena Young mengatakan, penting bagi staf untuk menunjukkan rasa hormat pada penumpang yang telah meninggal.

"Mereka ditempatkan di tempat duduk, khususnya pada saat mendarat untuk memastikan mereka aman di dalam pesawat. Tetapi yang menarik, ketika pesawat mendarat, itu (tempat duduk) dianggap sebagai TKP," kata Briena dikutip dari The Sun, Kamis (20/1/2022).

"Jadi polisi akan datang dan memeriksa seluruh pesawat dan penumpang," sambungnya.

Dengan demikian, jika ada seseorang yang meninggal dalam penerbangan, penumpang lainnya harus menunggu lebih lama.

"Jadi jika kematian di dalam pesawat terjadi dalam penerbangan Anda, perkirakan untuk berada di sana sebentar setelah mendarat," ujarnya.

Briena juga mengatakan, penumpang mungkin tidak sadar bahwa mereka terbang bersama jenazah. Faktanya, ribuan jenazah di seluruh dunia diangkut pesawat setiap tahunnya.

Agar penumpang tidak khawatir, maskapai penerbangan memiliki julukan tertentu untuk jenazah. Pramugari akan menyebutnya dengan nama Jim Wilson. Nama itu berasal dari peti mati yang digunakan untuk mengangkut jenazah.

Julukan lainnya adalah HR (Human Remains yang artinya jenazah). Jenazah ini biasanya dibawa di bagasi tetapi beberapa penumpang dapat duduk di sebelahnya.

Hal itu pernah terjadi dalam penerbangan dari Turki menuju Rusia. Seorang wanita penderita diabetes berusia 50 tahun meninggal, hanya berkisar 45 menit dalam penerbangan berdurasi 3,5 jam. Ia tutup usia karena tidak memiliki insulin.

Jenazahnya kemudian dibaringkan di lorong dan ditutup selimut. Kejadian itu membuat penumpang ketakutan selama penerbangan.

Simak juga 'Menkominfo Pastikan RI Tak Pakai 5G yang Ganggu Penerbangan':

[Gambas:Video 20detik]



(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA