Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 29 Mar 2022 09:15 WIB

TRAVEL NEWS

Peringatan buat Pemilik Vila, Banyak Penipu Berkedok Sewa Vila

Ilustrasi Penipuan Online
Foto: Ilustrasi penipuan (shutterstock)
Bogor -

Ramai soal penipuan berkedok pemesanan vila di twitter. Kejadian ini dialami oleh pemilik vila di daerah Cinangka Bogor.

Akun bernama @benjoisme mencurahkan kekesalannya di twitter terkait dengan penipuan yang dialaminya. Dia mengaku rugi hingga Rp 3 juta.

Setelah merasa tertipu oleh calon pemesan vila yang membawa kabur uangnya, pemilik akun @benjoisme, Dibyo Angga Pratama akan melapor ke bank untuk memantau rekening yang menerima uang darinya.

"Saya mungkin mau melapor ke bank terkait saja. Sekiranya untuk memantau rekening yang bersangkutan," kata Angga kepada detikcom, Senin (28/3/2022).

Tak ingin kejadian ini terulang kembali. Angga mengaku ingin lebih teliti dalam menerima calon pemesan yang akan menyewa vilanya. Meski vila ini milik keluarga, dia juga hanya akan membuka sistem satu pintu.

"Pencegahan dari saya ya? Ya saya akan lebih teliti lagi dalam menjawab/menerima orang yang akan bertanya tentang vila. Dan akan menerapkan sistem 1 pintu untuk sewanya," kata Angga.

Angga juga mengingatkan kepada masyarakat untuk senantiasa berhati hati dalam menerima pesan dari orang tak dikenal. Sebelum percaya dengan orang tersebut, ada baiknya kita cek terlebih dahulu kebenarannya.

"Kita harus lebih hati-hati lagi dalam menerima telepon atau pesan dari orang tak dikenal apalagi yang terkait dengan bisnis karena modus penipuan ada banyak cara, jangan sampai lalai dan tergiur janji manisnya sebelum kita cek kebenaran orang tersebut," tutur Angga.

Dia pun berharap pelaku penipuan secepatnya sadar karena telah membuat kerugian bagi banyak orang. Sebab, saat dilakukan cek menggunakan aplikasi pelacakan kontak pun, sudah banyak yang menamai nomor pelaku tersebut dengan 'penipu'.

"Harapan saya sih pelaku cepat sadar aja karena merugikan banyak orang, dan untuk vila saya ya semoga aja semakin banyak yang sewa dan semakin membuat nyaman," tutupnya.

Penipuan ini berawal dari pelaku yang mengaku sudah mengirimkan sejumlah uang yang disepakati untuk memesan vila dengan bukti transfer yang dikirimkan. Namun setelah itu, dia meralat masa inap dan meminta sebagian uangnya kembali. Permintaan ini pun berulang lagi ketika pelaku memesan katering dan mengaku sudah transfer. Dia meminta kembali sebagian uangnya.

Namun ternyata, pelaku penipuan belum melakukan transfer uang sedikit pun. Pemilik akun @benjoisme pun sudah mengirimkan uangnya sebesar Rp 3 juta.

Simak juga 'Pura-pura Jadi Pemulung, Dua Pria Bobol Vila di Cianjur':

[Gambas:Video 20detik]



(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA