Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 30 Mar 2022 21:37 WIB

TRAVEL NEWS

5 Negara Pendiri ASEAN, Kamu Sudah Tahu?

Putu Intan
detikTravel
Bendera Negara-Negara ASEAN
Foto: Wikimedia Commons/Gunawan Kartapranata
Jakarta -

ASEAN adalah organisasi kerjasama regional di kawasan Asia Tenggara yang didirikan pada 1967. Ada 5 negara pendiri ASEAN. Ini daftarnya.

ASEAN adalah kependekan dari Association of Southeast Asian Nations. ASEAN dibentuk pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand.

Pada saat itu, terdapat 5 orang perwakilan dari 5 negara yang menandatangani Deklarasi ASEAN atau Deklarasi Bangkok.

Kelima perwakilan itu adalah:

1. Adam Malik-Indonesia
2. Narciso R. Ramos-Filipina
3. Tn Abdul Razak-Malaysia
4. S. Rajaratnam-Singapura
5. Thanat Khoman-Thailand

Dengan demikian 5 negara pendiri ASEAN adalah Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Melalui ASEAN, negara-negara di Asia Tenggara bekerja sama di bidang ekonomi, sosial, budaya, teknis, pendidikan, dan lainnya. ASEAN juga berfungsi dalam menjaga perdamaian dan stabilitas regional.

Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi pendirian ASEAN:

1. Adanya kepentingan-kepentingan bersama dan masalah-masalah bersama di kalangan negara-negara Asia Tenggara serta keyakinan akan perlunya usaha untuk lebih memperkukuh ikatan-ikatan solidaritas regional dan kerjasama yang ada.

2. Adanya hasrat untuk membentuk suatu landasan yang teguh untuk kegiatan-kegiatan bersama guna meningkatkan kerjasama regional di Asia Tenggara atas dasar jiwa persamaan dan persahabatan.

3. Menyadari bahwa di dunia ini di mana saling ketergantungan antara negara yang satu dengan lainnya bertambah, maka cita-cita bagi perdamaian, kemerdekaan, keadilan sosial, dan kesejahteraan ekonomi akan terlaksana dengan jalan memelihara saling pengertian, bertetangga baik, dan kerjasama di kalangan negara-negara di wilayah ini.

4. Negara-negara di Asia Tenggara sama-sama memikul tanggung jawab pokok demi mantapnya stabilitas ekonomi dan sosial serta terjaminnya perkembangan nasional.

Sementara itu isi Deklarasi Bangkok adalah sebagai berikut:

1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di Asia Tenggara

2. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional

3. Meningkatkan kerjasama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik, llmu pengetahuan dan administrasi.

4. Memelihara kerjasama yang erat di tengah-tengah organisasi regional dan internasional yang ada

5. Meningkatkan kerjasama untuk memajukan pendidikan, latihan dan penelitian di kawasan Asia Tenggara

ASEAN dianggap sebagai salah satu kerjasama regional yang berhasil di dunia. Bermula dari 5 negara pendiri ASEAN, kini organisasi itu memiliki 10 negara anggota yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura. Thailand dan Vietnam.



Simak Video "Jokowi-Pemimpin ASEAN Bicara Perubahan Iklim Bareng Wapres AS"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA