Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 01 Apr 2022 22:31 WIB

TRAVEL NEWS

Tol Japek II Selatan Dorong Wisata Daerah, Jadi Alternatif Saat Mudik

Tim detikcom
detikTravel
Foto udara proyek pembagunan Jalan Tol Jakarta - Cikampek II Selatan Seksi 3 di Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (16/2/2022). PT Jasa Marga melalui PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) mencatat progres konstruksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek atau Japek II Selatan Seksi 3 (Tamanmekar-Sadang) hingga akhir Januari 2022 telah mencapai 60,82 persen. ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/YU
Japek II Selatan Foto: ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar
Jakarta -

Pembangunan jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan yang terbagi 3 paket tengah dikebut. Jika sudah beroperasi maksimal, jalan tol ini diyakini akan meningkatkan wisata daerah yang dilalui.

Jalan tol ini akan dapat dimanfaatkan sebagai alternatif saat mudik Lebaran nanti jika terjadi kemacetan di jalur arteri.

"Persiapan saat Lebaran nanti sudah boleh melintas, rencana untuk fungsional alternatif ketika terjadi di jalan tol dan arteri Cipularang dan Cikampek. Kalau di sana macet ini jadi alternatif keluar di tol untuk menuju ke arah Karawang Timur," kata Direktur Teknik PT Jasa Marga Japek Selatan Bambang Sulistyo seperti dikutip dari CNBCIndonesia.com.

Menurut Bambang, pengoperasian Japek II Selatan saat libur Lebaran nanti sifatnya nanti adalah sebagai jalur alternatif. Meski demikian, pihaknya tetap menyiapkan infrastruktur jalan baik rambu-rambu dan gerbang tol. Dan, karena masih fungsional masih bebas biaya alias gratis.

"Bebas biaya. Tapi, nanti ada gerbang tol untuk menangkap kendaraan dari arah Bandung mau keluar, harus bayar dulu. Tapi jalur ini tidak bayar," kata Bambang.

Jakarta-Bandung dengan Japek II Selatan Bisa Lebih Cepat

Dengan jalur baru ini, dia menambahkan, jarak tempuh Jakarta-Bandung bisa lebih cepat lagi.

"Ini menjadi pertemuan Jakarta dan Cipularang. Rencana kecepatan maksimum di sini 80 km per jam dan ini jaraknya 62 km. Jadi, sekitar 45 menit nyampe Jakarta-Bandung. Lebih cepat," ujarnya.

Dorong wisata daerah

Mengutip situs Jasa Marga, progres konstruksi untuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Seksi 3 (Tamanmekar-Sadang) sepanjang 27,85 Km hingga akhir Januari 2022 telah mencapai 60,82%.

Direktur Utama PT JJS D. Hari Pratama menjelaskan progres konstruksi yang berjalan untuk keseluruhan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan yang terdiri atas tiga seksi pekerjaan memang diprioritaskan pada Seksi 3 yang masuk ke dalam wilayah Kab. Karawang dan Kab. Purwakarta.

"Sementara itu untuk progres pembebasan lahan untuk tiga seksi pekerjaan secara keseluruhan saat ini mencapai 57,18%, dimana dari jumlah tersebut untuk pembebasan lahan masing-masing seksi yaitu Seksi 3 (Tamanmekar-Sadang) telah mencapai 92,04%, Seksi 2 Setu-Tamanmekar sebesar 38,29% dan Seksi 1 Jatiasih-Setu sebesar 3,29%," ujar Hari.

Hari juga menjelaskan, dalam membangun Jalan Tol Japek II Selatan dari Sadang (Kabupaten Purwakarta) hingga Setu (Kabupaten Bekasi) yang terintegrasi dengan jaringan Jalan Tol Cipularang dan JORR 2 Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, proses pembebasan lahan diprioritaskan pada lokasi Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta (Seksi 2 dan Seksi 3).

"Tentunya kami akan memberikan hasil yang terbaik dari proyek Jalan Tol Japek Selatan ini, sehingga akan semakin menghubungkan daerah-daerah di Jawa Barat. Hal ini juga berpotensi mendatangkan minat-minat investasi lain di Jawa Barat yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah industri, perumahan maupun wisata terutama di sepanjang trase jalan tol tersebut," tutup Hari.

Jalan Tol Japek II Selatan dengan total investasi senilai Rp14,69 Triliun dan masa konsesi 35 tahun ini diharapkan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan jika telah beroperasi penuh. Jalan Tol Japek II Selatan tersebut nantinya akan memiliki 7 (tujuh) buah Gerbang Tol (GT) yaitu, GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara, dan GT Sadang. Nantinya dengan terhubungnya jalan tol ini akan meningkatkan mobilitas sehingga dapat menurunkan biaya logistik distribusi barang dari wilayah-wilayah yang dilewati jalan tol tersebut.

Sebagai informasi, jalan tol Jakarta-Cikampek II Selatan terdiri atas tiga paket sepanjang lebih kurang 62 KM dari Jati Asih menuju Ke Sadang. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:

- Paket 1 ( 00+00 - Sta 9+300 ) sepanjang 9,3 Km
- Paket 2 ( Sta 9+300 - Sta 34+150) sepanjang 24,85 Km
- Paket 3 ( Sta 34+150 - Sta 62+00 ) sepanjang 27,85 Km



Simak Video "Progres Dikebut! Jakarta-Bandung Cuma 1 Jam Kian Nyata"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA