Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 01 Apr 2022 22:42 WIB

TRAVEL NEWS

Traveler Mau Mudik di Tahun Ini? Cek Dulu Persyaratan Berikut!

Tim detikcom
detikTravel
Stasiun Pasar Senen ramai didatangi penumpang kereta menjelang Ramadan. Tak sedikit di antaranya mudik lebih awal untuk melaksanakan puasa di kampung halaman.
Foto: Ilustrasi mudik (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Traveler yang mau mudik pada lebaran tahun ini, ketahui dulu persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan. Simak ketentuan berikut.

Satgas COVID-19 sudah menyampaikan aturan perjalanan dalam negeri mulai dari saat bulan Ramadan sampai lebaran. Berikut sederet syarat yang harus traveler ketahui:

1. Penumpang yang Sudah Booster Tak Perlu Tes COVID-19

Ada kemudahan bagi pelaku perjalanan moda transportasi darat, laut, kereta dan udara yang sudah mendapat vaksin dosis ketiga atau booster. Pelaku perjalanan tersebut tak lagi harus melakukan tes COVID-19 antigen maupun PCR.

"Pelaku perjalanan dalam negeri notabene akan mudik, ini dibolehkan untuk yang sudah vaksin ketiga tak perlu testing," ujar Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto, dalam jumpa pers, Kamis (31/3/2022).

2. Penumpang yang Sudah Divaksin Dosis Lengkap Wajib Sertakan Hasil Tes COVID-19

Bagi pelaku perjalanan dalam negeri yang sudah divaksin lengkap atau dua dosis mendapatkan ketentuan berbeda dengan mereka yang sudah dibooster. Pelaku perjalanan wajib melakukan tes COVID-19.

Adapun hasil yang ditunjukkan yaitu tes antigen negatif maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan atau hasil tes RT PCR maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan.

3. Penumpang yang Divaksin 1 Dosis Wajib RT PCR.

Bagi pelaku perjalanan yang baru mendapatkan 1 kali vaksin atau dosis pertama wajib menyertakan bukti hasil tes negatif RT PCR maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan.

4. Syarat untuk Anak-Anak

Untuk traveler yang membawa anak-anak, ada aturan berbeda yang harus diketahui. Berikut syaratnya:

Anak-anak dengan kondisi kesehatan khusus wajib melampirkan surat keterangan dari dokter umum. Selain itu juga melampirkan hasil tes RT PCR maksimal 3x24 jam sebelum berangkat.

Bagi anak-anak dengan usia di bawah 6 tahun tidak perlu dilakukan tes COVID-19. Namun wajib didampingi pendamping perjalanan yang memenuhi syarat suddah divaskin dengan dosis booster.

Selanjutnya, ketentuan bagi anak usia 6-17 tahun wajib memiliki bukti vaksin kedua dan tidak perlu tes COVID-19.

"Anak 6-17 tahun tidak testing namun harus menunjukkan vaksinasi dosis kedua,"ucap Suharyanto.



Simak Video "Catat! Ini 7 Nomor Telepon Penting yang Harus Disimpan Saat Mudik"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA