Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 02 Apr 2022 17:17 WIB

TRAVEL NEWS

UMKM Lokal Labuan Bajo Kini Hadir Secara Daring di Marketplace

Patung komodo jadi oleh-oleh khas yang biasa dibawa pulang dari Pulau Komodo. Ternyata, proses pembuatan patung ini menarik untuk dilihat, berikut foto-fotonya.
Ilustrasi kerajinan khas Labuan Bajo (Dikhy Sasra/detikcom)
Labuan Bajo -

Sejumlah produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari Labuan Bajo dan sekitarnya kini juga bisa ditemukan secara online.

Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) memberikan ruang para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya secara online melalui toko resmi milik Perumda Bidadari di salah satu marketplace dengan nama "Mbaru Dami."

Marketplace itu hadir sebagai hasil kerja sama antara Blibli dan Perumda Bidadari pada November 2021.

Direktur Perumda Bidadari, Sutanto Werry menjelaskan, sejak official store Mbaru Dami diluncurkan pada (01/02/2022), tercatat kurang lebih 100 varian produk UMKM/Ekraf yang dapat dibeli secara langsung melalui saluran tersebut.

Saat ini, produk tersebut juga bisa dikirim ke luar daerah dan dalam kota Labuan Bajo.

"Berharap bahwa para wisatawan yang mempunyai keterbatasan waktu untuk mengunjungi toko-toko suvenir, bisa melakukan transaksi via online dan barang dengan segera dapat dikirim ke hotel di mana mereka menginap atau pun langsung dikirimkan ke alamat kota di mana mereka berasal," jelas Werry dalam keterangan tertulis yang diterima detikTravel, Sabtu (2/4/2022).

Ia pun mengajak para pelaku UMKM yang berada Labuan Bajo dan sekitarnya agar dapat bergabung untuk memanfaatkan ekosistem pemasaran terpadu secara online melalui official store Mbaru Dami.

Sementara itu, Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi berharap agar para pelaku UMKM bisa memasarkan produknya sampai menembus pasar nasional, bahkan Internasional dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital.

"Pemkab Manggarai Barat melalui perumda Bidadari yang telah mengembangkan ekosistem pemasaran terpadu baik secara offline maupun online, sehingga sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo," ungkap Bupati Edi.



Simak Video "Siloam Hospital Labuan Bajo Sediakan Layanan Wisata Kesehatan Internasional"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA