Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 03 Apr 2022 06:33 WIB

TRAVEL NEWS

Penerbangan Luar Angkasa Ini Tebar Solidaritas buat Ukraina

Femi Diah
detikTravel
Blue Origin Bezos Flight
Ilustrasi Blue Ocean (Screenshot/YouTube)
Jakarta -

Penerbangan luar angkasa terbaru Blue Origin terbang lagi. Kali ini, sekaligus menunjukkan solidaritas kepada warga Ukraina.

Penerbangan ke ruang suborbital pada Kamis (31/3/2022) dengan New Shepard Blue Origin itu mengangkut enam penumpang. Empat di antaranya adalah penumpang berbayar sedangkan dua orang lainnya terbang cuma-cuma.

Salah satu penumpang, profesor dan pengusaha Jim Kitchen, membawa serta simbol dukungan dan solidaritas untuk Ukraina, yang diinvasi Rusia sejak 24 Februari.

"Jadi di paspor saya, ada bendera Ukraina dan Amerika. Saya melepaskannya demi untuk menghormati situasi yang terjadi di sana saat ini dan untuk menyatakan kepada mereka bahwa hati kami bersama mereka," kata Kitchen seperti dikutip Space.com.

Kitchen tidak hanya membawa satu paspor dalam perjalanan. Dia membawa 10 paspor miliknya, yang menyimpan stempel kunjungan ke 193 negara yang diakui oleh PBB.

Blue Origin menyebut Kitchen menjadi orang pertama yang melakukan mengelilingi dunia di bumi dan lewat luar angkasa.

Seperti banyak penjelajah ruang angkasa lainnya, Kitchen menekankan bahwa view dari luar angkasa menunjukkan bumi sebagaimana adanya, berupa entitas tunggal yang indah tanpa batas yang terlihat.

"Kita semua hanya manusia," kata Kitchen.

"Kita diatur oleh struktur kepemimpinan yang berbeda dan pemerintah yang berbeda dan perbatasan yang berbeda, tetapi kita semua hanyalah manusia. Jadi, saya hanya ingin mengungkapkan rasa kemanusiaan dalam penerbangan ini, dan memberi tahu mereka bahwa kita memperhatikan apa yang terjadi di sekitar kita," kata dia lagi.

Kitchen bergabung pada penerbangan itu bersama empat penumpang lain: pengusaha Marty Allen; Sharon Hagle, pendiri pendidikan nirlaba SpaceKids Global; suaminya Marc Hagle, presiden dan CEO perusahaan pengembangan properti Tricor International; dan George Nield, presiden Commercial Space Technologies, LLC, yang menjabat sebagai administrator asosiasi untuk Kantor Transportasi Luar Angkasa Komersial Administrasi Penerbangan Federal dari 2008 hingga 2018.

Sharon dan Marc Hagle menjadi pasangan suami istri pertama yang terbang bersama dengan pesawat ruang angkasa komersil. Namun, mereka bukan pasangan pertama yang mencapai luar angkasa bersama. Ada lebih dulu astronot NASA Mark Lee dan Jan Davis, yang terbang dalam misi STS-47 pesawat ulang-alik Endeavour pada tahun 1992.

New Shepard merupakan roket dan kapsul milik bos Amazon Jeff Bezos. Roket dan kapsul itu dapat digunakan kembali. Roket kembali ke bumi dengan pendaratan vertikal sedangkan kapsul otonom mendarat dengan parasut. Setiap penerbangan New Shepard berlangsung sekitar 10 hingga 11 menit dari lepas landas hingga pendaratan kapsul.

Penumpang dalam penerbangan luar angkasa mengalami tiga hingga empat menit tanpa bobot dan bisa melihat bumi melawan kegelapan ruang angkasa. Blue Origin belum mengungkapkan berapa biaya untuk kursi di dalam kendaraan.

Simak juga 'Pertamina Berencana Beli Minyak dari Rusia, Pengamat: Rugi Secara Diplomatik':

[Gambas:Video 20detik]



(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA