Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 03 Apr 2022 10:20 WIB

TRAVEL NEWS

Keren! Jayawijaya Tata Goa Mistis Jadi Objek Wisata Digital

Antara
detikTravel
Danau Haberna
Foto: (Marius Frisson Yewun/ANTARA)
Jakarta -

Sebagai pengembangan desa wisata dan desa digital di tahun ini, Pemkab Jayawijaya, Papua Tengah menata goa mistis, air terjun, perkebunan markisa dan perkebunan kopi di Distrik Bapiri.

Kepala Bidang Pengendalian dan Evaluasi pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jayawijaya, Rabindra Patasik menuturkan bahwa survei potensi wisata telah dilakukan. Desa Walakama pun diharapkan bisa jadi contoh dalam pengembangan desa wisata dan digital.

"Diharapkan Desa Walakma menjadi percontohan untuk pengembangan desa digital dan desa wisata," katanya, dilansir detik Travel dari Antara, Sabtu (3/4).

Menurutnya, pengembangan desa wisata dan digital ini melibatkan berbagai organisasi perangkat daerah, misalnya dinas komunikasi dan informatika serta dinas kebudayaan dan pariwisata.

"Kominfo sudah programkan untuk tingkatan kapasitas jaringan internet di sana, dinas pariwisata mengintervensi dengan membuat pondok-pondok wisata dan dari dinas pekerjaan umum intervensi akses jalan," tambahnya.

Potensi wisata tersebut nantinya dikembangkan dan dimanfaatkan secara digital dengan diterbitkan menggunakan sistem e-commerce. Hal ini pun mendapatkan dukungan dari dirjen sarana prasarana pada Kementerian Daerah Tertinggal.

Tak hanya Desa Walakama yang didorong jadi desa wisata dan desa digital. Masih ada beberapa desa yang berada dalam tahap survei dan penilaian terkait potensi wisata yang ada.

"Selain Walakama, pengembangan desa wisata di beberapa tempat seperti di Kurulu, Asotipo, Pisugi dari Usilimo," tutur Rabindra.



Simak Video "Karakteristik Membangun Spot Desa Wisata"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA