Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 05 Apr 2022 11:50 WIB

TRAVEL NEWS

Wahai Pendaki, Jalur-jalur Pendakian Merbabu Tutup Selama Ramadan-Lebaran

Jarmajio
detikTravel
Jalur pendakian Gunung Merbabu via Selo, Boyolali, beberapa waktu lalu.
Jalur pendakian Gunung Merbabu (Jarmaji/detikJateng)
Jakarta -

Memasuki bulan Ramadan dan perayaan Lebaran mendatang, jalur pendakian Gunung Merbabu ditutup sementara. Bahkan jalur pendakian Suwanting dan Wekas di Kabupaten Magelang sudah ditutup sejak 2 April 2022 kemarin.

"Iya, benar. Untuk Jalur Wekas dan Suwantin, ditutup mulai 2 April (2022) kemarin hingga 8 Mei 2022," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) Junita Parjanti kepada detikJateng, Senin (4/4/2022).

Sementara itu jalur pendakian Selo, Kabupaten Boyolali dan Thekelan, Kabupaten Semarang, baru akan ditutup sementara mulai 25 April sampai 8 Mei 2022. Yakni sepekan sebelum dan sesudah Lebaran.

Junita mengatakan, penutupan jalur pendakian Suwanting dan Wekas tersebut karena ada permintaan dari warga setempat. Mereka menghendaki untuk di bulan Ramadan ini jalur pendakian ditutup sementara.

"Ya Insya Allah mereka mungkin juga akan fokus di ibadah puasa," jelasnya.

Penutupan jalur pendakian Wekas dan Suwanting selama satu bulan lebih itu, dimanfaatkan BTNGMb untuk perbaikan jalur yang mengalami kerusakan. Selain itu juga untuk pemulihan ekosistem.

"Makanya dengan permohonan itu, kami kemudian mengagendakan, karena memang sudah tidak ada kegiatan, sementara tidak ada kegiatan pendakian, maka kami akan fokuskan nanti di bulan April ini untuk pembersihan jalur, sekaligus untuk pemulihan ekosistem," ujarnya.

"Memang kami mempunyai agenda setiap bulan itu ya ada rehatnya untuk kawasan biar memulihkan kembali ekosistem," imbuh Junita.

Junita juga mengakui, sempat ditutup akibat pandemi COVID-19 dan akhirnya dibuka kembali, jalur pendakian ada yang mengalami kerusakan di beberapa titik. Selai itu masih banyak ditemukan sampah di jalur pendakian Suwanting.

"Ya beberapa, terutama sampah. Suwanting itu sampah-sampah pada berserakan. Masih ada beberapa. Ada juga makanannya itu pada dibawa monyet ekor panjang, akhirnya jadi berserakan. Nanti kita rapikan lagi," ungkap dia.

Kemudian untuk jalur pendakian Selo di Kabupaten Boyolali dan Thekelan, Kabupaten Semarang, juga akan ditutup sementara selama dua pekan. Yakni mulai 25 April hingga 8 Mei 2022.

"Selo dan Thekelan ditutup sementara dua minggu. Seminggu sebelum dan seminggu setelah Lebaran," imbuh Junita.

Momen penutupan dua jalur ini juga akan sekaligus untuk pemulihan ekosistem. Keempat jalur pendakian Gunung Merbabu tersebut akan dibuka lagi mulai 9 Mei 2022.

"Semua nanti akan dibuka tanggal 9 Mei. Otomatis, tidak akan ada pengumuman lagi. Otomatis nanti booking onlinenya, sudah bisa naik kalau yang tanggal 9 mau mendaki," imbuh Junita.

---

Artikel ini telah tayang di detikJateng.



Simak Video "Viral Tumpukan Sampah di Merbabu, Sampah Para Pendaki Gunung Diperiksa"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA