Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Apr 2022 12:12 WIB

TRAVEL NEWS

Finlandia Hentikan Layanan Kereta Terakhir Uni Eropa-Rusia

Kereta api Allegro
Kereta api Allegro (Foto: CNN)
Jakarta -

Finlandia memotong salah satu kereta api terakhir antara Rusia dan Uni Eropa. Ini sehubungan dengan sanksi yang dijatuhkan pada Rusia setelah invasinya ke Ukraina.

Melansir CNN, Selasa (5/4/2022), operator kereta api nasional Finlandia mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka akan menangguhkan layanan antara Helsinki dan St. Petersburg di Rusia pada hari Senin. VR, si operator, mengatakan telah diberitahu oleh negara bahwa tidak pantas lagi menjalankan layanan Allegro.

"Jadi kami menangguhkan lalu lintas untuk sementara waktu," kata Topi Simola, kepala lalu lintas penumpang VR, dalam sebuah pernyataan.

Kereta Api Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan singkat bahwa mereka mengetahui keputusan Finlandia karena sanksi.

Kereta api dari Rusia ke ibu kota Finlandia, Helsinki, telah dipadati oleh orang Rusia dalam beberapa pekan terakhir karena beberapa menggunakannya untuk segera meninggalkan negara itu dan penutupan wilayah udara bersama memutuskan koneksi penerbangan antara Rusia dan UE.

Perbatasan antara Finlandia dan Rusia tetap terbuka untuk penyeberangan dengan mobil pribadi.

Rusia membatalkan keberangkatan rute kereta penumpang ke negara-negara Uni Eropa pada 2020 karena pembatasan Covid-19. Itu termasuk untuk Leo Tolstoy, kereta Rusia yang dulu menjalankan rute Moskow ke Helsinki melalui St. Petersburg.

Kereta api Allegro Finlandia adalah salah satu sambungan rel terakhir antara Rusia dan UE.

Kereta Rusia masih bolak-balik melalui Lituania antara Moskow dan eksklave Rusia, Kaliningrad. Tetapi sejak 28 Februari, mereka tidak mengizinkan penumpang Rusia naik atau turun di Lithuania.

Tytti Tuppurainen, menteri Finlandia yang bertanggung jawab, mengatakan kepada Reuters bahwa salah satu alasan untuk mempertahankan layanan kereta api Allegro sampai sekarang adalah untuk mengizinkan orang Finlandia di Rusia untuk kembali ke rumah.

"Sekarang terbukti bahwa situasi telah berubah untuk Allegro dan kelanjutan lalu lintas Allegro tidak lagi sesuai dari sudut pandang pemilik negara," tulisnya dalam sebuah pernyataan email.



Simak Video "Terobos Palang Perlintasan, Pemotor di Karawang Tewas Disambar Kereta"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA