Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Apr 2022 21:14 WIB

TRAVEL NEWS

Motif Turis Main Petasan di TN Komodo: Rayakan Ultah

Putu Intan
detikTravel
Wisatawan main petasan di Pulau Kalong TN Komodo
Petasan di Pulau Kalong. Foto: (Kawan Baik Komodo/Twitter)
Jakarta -

Wisatawan yang menyalakan petasan di Pulau Kalong, Taman Nasional Komodo telah teridentifikasi. Mereka melakukan hal tersebut untuk merayakan ulang tahun.

Video yang menggambarkan aksi main petasan wisatawan itu sempat viral di media sosial. Petasan diketahui ditembakkan ke udara hingga tiga kali ketika kalong raksasa keluar terbang dari gugusan mangrove yang menjadi habitatnya.

Aksi itu dilakukan pada 31 Maret 2021 sekitar pukul 18.18 WITA. Sontak saja, kegiatan yang tak bertanggung jawab itu membuat netizen geram.

Rekaman video itu kemudian diterima Kepala Resort Kampung Rinca (Fahri Ikhlas) pada tanggal 31 Maret 2022 pukul 18.39 WITA dari Kepala Satuan Polisi Kehutanan (Satpolhut) Balai Taman Nasional Komodo (Julizar Riduan).

Menerima laporan ini Fahri bergegas menuju perairan Pulau Kalong untuk melakukan pemeriksaan kejadian di tingkat tapak. Namun, saat tim tiba di perairan Pulau Kalong, oknum pelaku wisata tersebut telah meninggalkan lokasi dan beranjak ke destinasi selanjutnya.

Kepala Satpolhut Balai Taman Nasional Komodo berhasil mengidentifikasi kapal yang ditumpangi oleh oknum pelaku wisata tersebut. Kapal Motor Dirga Kabila yang ditumpangi oleh sekelompok wisatawan nusantara asal dari Cilegon (Banten) berjumlah 15 orang hendak berlibur di kawasan Taman Nasional Komodo.

Perjalanan wisatawan tersebut difasilitasi oleh agen perjalanan wisata yaitu PT Bali Komodo Wisata. Berdasarkan pengakuan dari salah satu anak buah kapal, kelompok wisatawan tersebut mengunjungi destinasi Pulau Kalong sebagai salah satu destinasi wisata alam dalam rangkaian perjalanan wisata ke Taman Nasional Komodo.

Pemilik dari PT Bali Komodo Wisata dengan inisial NMS menyampaikan bahwa wisatawan melalui pemandu wisata menginginkan petasan untuk perayaan ulang tahun salah satu anggota wisatawannya.

Petasan diketahui sudah dimiliki oleh NMS dari sisa perayaan tahun baru 2021 yang digunakan di rumah. Sesuai dengan permintaan tersebut, sisa petasan yang dimiliki sebanyak tiga buah dibawa ke Kapal Motor Dirga Kabila.

Diketahui ada unsur pembiaran dari pemandu wisata berinisial KM yang mengizinkan wisatawan itu main petasan. Padahal sesuai aturan yang berlaku, kegiatan itu dilarang dilakukan.

Karena perbuatan ini, Balai Taman Nasional Komodo memberikan sejumlah sanksi pada para pelaku yang terlibat. Salah satunya adalah meminta rombongan wisatawan itu untuk membuat video permohonan maaf dan diunggah di media sosial Instagram Balai Taman Nasional Komodo.



Simak Video "Viral Wisatawan Main Petasan di TN Komodo, Sandiaga: Kita Edukasi"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA