Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Apr 2022 14:32 WIB

TRAVEL NEWS

Pelaku Pemain Petasan di TN Komodo Diamankan, Ini Kronologinya

Pulau Kalong di Taman Nasional Komodo, NTT, jadi salah satu spot favorit pengunjung. Pasalnya, jelang senja akan ada jutaan kelelawar yang menyebar di langit.
Pulau Kalong TN Komodo Foto: Dikhy Sasra
Labuan Bajo -

Para oknum pelaku yang terlibat menyalakan petasan di kawasan Taman Nasional Komodo berhasil diamankan. Mereka adalah wisatawan, pemandu wisata, agen wisata hingga pengelola kapal.

Kepala Satpolhut Balai Taman Nasional Komodo berhasil mengidentifikasi kapal yang ditumpangi wisatawan yang menyalakan petasan di perairan Pulau Kalong tanggal 31 Maret 2022. Kapal itu adalah Kapal Motor Dirga Kabila.

Dilansir dari situs KSDAE KLHK, kapal ini mengangkut 15 orang wisatawan asal Cilegon, Banten. Mereka dibawa oleh agen perjalanan wisata yakni PT Bali Komodo Wisata.

Pemilik dari PT Bali Komodo Wisata dengan inisial NMS menyampaikan bahwa wisatawan melalui pemandu wisata menginginkan petasan untuk perayaan ulang tahun salah satu anggota wisatawannya.

Wisatawan main petasan di Pulau Kalong TN KomodoWisatawan main petasan di Pulau Kalong TN Komodo Foto: (Kawan Baik Komodo/Twitter)

Petasan diketahui sudah dimiliki oleh NMS dari sisa perayaan tahun baru 2021 yang digunakan di rumah. Sesuai dengan permintaan tersebut, sisa petasan yang dimiliki sebanyak tiga buah dibawa ke Kapal Motor Dirga Kabila. NMS terkejut mendengar tamunya menyalakan petasan di Pulau Kalong.

Pelaku petasan di TN KomodoFoto: dok. KLHK

Peristiwa ini terjadi karena adanya unsur kesengajaan pemandu wisata (guide) dengan inisial KM yang membiarkan dan mengizinkan wisatawan membawa serta petasan dalam rangkaian perjalanannya ke kawasan Taman Nasional Komodo.

Pemandu wisata ini juga merupakan anggota Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Manggarai Barat. KM menyampaikan keterangan kepada Penyidik Pegawai Negeri Sipil (Gatot Kuncoro Edi) bahwa KM mengaku kaget mendengar ledakan pada pukul 19.00 WITA yang bersumber dari petasan yang dinyalakan oleh wisatawannya.

Selanjutnya, KM menerangkan bahwa kapal kemudian melanjutkan pelayaran ke Wae Nilu untuk bermalam dan bersiap trekking naik ke Obyek Wisata Alam Padar Selatan Resort Padar Selatan SPTN Wilayah III Balai Taman Nasional Komodo.

Pada tanggal 1 April 2022, kelompok wisatawan tersebut tiba di Resort Padar Selatan dan berencana untuk trekking naik ke Puncak Padar Selatan.

Polisi Kehutanan Pemula (Agitha Putri BR Bangun) yang bertugas sebagai petugas pemungut karcis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Padar Selatan tidak menerima kunjungan dan memerintahkan seluruh pemandu dan wisatawan untuk segera kembali ke Labuan Bajo.

Agitha juga sempat memeriksa kelengkapan karcis PNBP kelompok wisatawan tersebut. Berdasarkan pemeriksaan, diketahui bahwa kelompok wisatawan tersebut belum membeli karcis PNBP sejak kemarin memasuki kawasan Taman Nasional Komodo.

Pelaku petasan di TN KomodoFoto: dok. KLHK

KM menambahkan pada keterangannya, bahwa selama ini ketika beraktivitas di Pulau Kalong baru akan membeli karcis PNBP di Resort Padar Selatan esok harinya.

Kapten dan anak buah kapal, agen perjalanan wisata, pemandu wisata, dan wisatawan menghadap Satpolhut Balai Taman Nasional Komodo untuk memenuhi panggilan pada tanggal 1 April 2022 pukul 13.00 WITA. Satpolhut dan PPNS mengambil keterangan dari para pelaku yang tergabung dalam rombongan perjalanan wisata. Informasi yang tercatat di Berita Acara Pemeriksaan Terperiksa dari masing-masing pelaku berbeda satu sama lainnya.



Simak Video "Viral Wisatawan Main Petasan di TN Komodo, Sandiaga: Kita Edukasi"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA