Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 04 Apr 2022 18:18 WIB

TRAVEL NEWS

Viral Turis Nyalakan Petasan di TN Komodo, Ini Kata Sandiaga

Syanti Mustika
detikTravel
Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno dalam jumpa pers Mingguan di kantornya Foto: (Syanti/detikcom)
Jakarta -

Aksi wisatawan yang tengah berlibur di Taman Nasional (TN) Komodo menuai kegeraman beragam pihak. Mereka menyalakan petasan di Pulau Kalong dimana hal ini benar-benar terlarang.

Bermula dari postinganTwitter @kawanbaikkomodo yang membagikan video tingkah turis yang menyalakan petasan di Pulau Kalong, salah satu pulau yang ada di kawasan Taman Nasional Komodo. Dalam rekaman video sepanjang 42 detik, terlihat aksi yang membahayakan kalong atau kelelawar yang dilakukan oleh segerombolan wisatawan.

Dalam video tersebut terlihat bahwa mereka sedang Live in Board di Pulau Kalong, Taman Nasional Komodo. Perkiraan saat senja, nampak wisatawan sedang berdiri di dek kapal dan menyalakan petasan berkali-kali. Tingkah turis ini membuat banyak pihak geram.

Menanggapi hal ini, dalam Weekly Press Breafing Senin (4/4/2022) Menparekraf Sandiaga Uno memberikan tanggapan terhadap isunya ini. Katanya dia akan memberikan sosialisasi dan edukasi hingga pembinaan.

"Tentunya ini akan kita berikan sosialisasi dan edukasi, mungkin juga pembinaan," ujar Sandiaga.

Dalam kesempatan tersebut Sandiaga juga menuturkan bahwa fokus pemerintah adalah bagaimana terciptanya lapangan kerja untuk menyambut kedatangan turis.

"Dan juga fokus kita bahwa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini bisa menanggapi 1,1 juta penciptaan lapangan kerja baru. Dan ini tentunya baik di 5 destinasi super prioritas maupun juga di proyek investasi pariwisata berkelanjutan dan berbasis komunitas lainnya," ujar Sandiaga.

Adapun kabar terbaru para turis yang viral ini tengah menghadapi pemeriksaan, termasuk juga dengan pemilik kapal.

"Proses pemeriksaan terhadap pelaku yang menyalakan petasan," kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya saat dihubungi detikcom melalui pesan singkat, Jumat (1/4/2022).

Berdasarkan laporan yang diterima dari Balai TN Komodo, Siti menyampaikan peristiwa tersebut terjadi di Pulau Kalong, Kamis (31/3) pukul 17.00 Wita. Saat petugas mengecek ke lokasi, kapal yang ditumpangi wisatawan tersebut telah berpindah tempat.

"Kembang api dinyalakan pada senja hari, saat kalong sedang keluar dari sarang tempat tinggalnya di Pulau Kalong," ujarnya.

Balai TN Komodo kemudian mencari tahu identitas pemilik kapal untuk mempertanggungjawabkan hal tersebut. Balai TN Komodo kemudian memeriksa pemilik kapal hingga wisatawan hari ini. Sosialisasi terkait larangan penggunaan kembang api sudah dilakukan pihak Balai TN Komodo. Sosialisasi dilakukan melalui media sosial.



Simak Video "Siloam Hospital Labuan Bajo Sediakan Layanan Wisata Kesehatan Internasional"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA