Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 01 Apr 2022 16:10 WIB

TRAVEL NEWS

Catat! Menyalakan Petasan di TN Komodo Haram Hukumnya

Putu Intan
detikTravel
Pulau Kalong di Taman Nasional Komodo, NTT, jadi salah satu spot favorit pengunjung. Pasalnya, jelang senja akan ada jutaan kelelawar yang menyebar di langit.
Pulau Kalong NTT, dipenuhi kelelawar berukuran raksasa (Foto: Dikhy Sasra)
Jakarta -

Video wisatawan main petasan di Taman Nasional Komodo viral di media sosial. Tindakan itu ternyata sudah dilarang dilakukan.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina menyampaikan sebenarnya berbagai aturan wisata di Taman Nasional Komodo itu sudah disampaikan pada wisatawan dan pelaku wisata. Termasuk juga soal menyalakan petasan yang masuk kategori kembang api yang tidak diizinkan dilakukan di sana.

"Ada aturan berwisata di dalam kawasan TN Komodo. Seharusnya guide, kapal, dan tamu sudah mempelajari dan menjalankan hal tersebut," kata Shana saat dihubungi melalui pesan singkat, Jumat (1/4/2022).

"Secara resmi sudah disampaikan pelarangan tersebut melalui sosmed BTNK pada bulan Juli dan Desember 2021. Edaran juga sudah dibuat sejak 2018," ia memaparkan.

Dilihat detikcom dari Instagram @btn_komodo, menyalakan kembang api dilarang karena dapat menimbulkan kebakaran savana yang cepat dan masif.

[Gambas:Instagram]



Secara umum ada 6 aktivitas wisata yang tidak diperbolehkan untuk dilakukan di Taman Nasional Komodo. Aktivitas itu antara lain menggunakan jetski, menyalakan api unggun, barbeku, kembang api, berkemah dan merokok.

"Wisatawan yang menggunakan/melibatkan keenam hal tersebut dalam aktivitas wisatanya dapat diancam dengan hukuman pidana berdasarkan peraturan perundang-undangan sebagaimana yang berlaku," tulis akun tersebut.

Sementara itu untuk aksi wisatawan pada Rabu sore tersebut, Shana bersama sejumlah pihak tengah menyelidikinya. Nantinya juga akan diberikan sanksi yang tepat.

"Kami telah berkoordinasi dengan Balai Taman Nasional Komodo (BTNK), Dinas Pariwisata (Dispar), Syahbandar untuk memanggil dan mengevaluasi pelaku yang bersangkutan. Termasuk untuk penetapan sanksi," katanya.

Shana juga mengimbau agar wisatawan di Taman Nasional Komodo dapat lebih bijaksana. Mereka harus menjaga lingkungan termasuk satwa-satwa yang hidup di sana.

"Wisata di dalam kawasan Taman Nasional Komodo bukan wisata hura-hura tapi wisata untuk menghargai alam dan edukasi keanekaragaman hayati yang ada sehingga wisatawan harus bisa berperilaku bijak," ujarnya.

Video wisatawan yang bermain petasan itu pertama kali diunggah akun Twitter @KawanBaikKomodo. Video berdurasi 42 detik ini menunjukkan wisatawan yang menembakkan petasan ke langit pada saat kawanan kalong terbang.

Lokasi mereka ada di Pulau Kalong, Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Pulau ini menjadi tempat wisata senja eksotis dan kalong menjadi suguhan utama.



Simak Video "Viral Wisatawan Main Petasan di TN Komodo, Sandiaga: Kita Edukasi"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA