Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 07 Apr 2022 13:10 WIB

TRAVEL NEWS

Libur Lebaran, Jokowi: Hati-hati Arus Mudik Bisa di Luar Perkiraan

Jakarta -

Pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk mudik lebaran tahun ini. Jika dihitung total dengan libur akhir pekan, libur lebaran dan cuti bersama akan mencapai 10 hari.

Mengingat cukup lamanya hari libur lebaran ini, Presiden Joko Widodo mewanti-wanti aparatnya untuk berkoordinasi dengan baik karena bisa jadi mudik di luar perkiraan pemerintah.

Jokowi utamanya meminta Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo hingga Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk berkoordinasi terutama terkait jalur untuk arus mudik dan arus balik.

"Hati-hati arus mudik ini bisa di luar perkiraan semua, Kapolri, dibantu TNI, Menhub, yang dikoordinasi Pak Menko betul-betul menyiapkan ini jangan sampai keliru mempersiapkan jalur mudik yang baik dan bisa meminimalisir kemacetan dan penumpukan arus mudik dan balik nantinya. Harus mulai dihitung betul," ujarnya saat memberikan pengantar pada Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Selasa (5/4/2022).

Jokowi sebelumnya mengatakan jumlah pemudik lebaran tahun ini diprediksi pemerintah bakal mencapai 85 juta orang, dengan rincian pemudik dari Jabodetabek sekitar 14 juta, sementara yang akan menggunakan kendaraan pribadi mencapai sekitar 47 persen.

"Ini bisa kalau saya tangkap di bawah ini semua mau mudik semua, jadi persiapannya harus ekstra," ujar Jokowi.

Pemerintah, lanjut Jokowi, berjanji akan memastikan perjalanan pemudik tahun 2022 ini berlangsung dengan nyaman dan aman. "Tentunya pemerintah akan bekerja keras memberikan pelayanan yang maksimal agar pemudik bisa melakukan perjalanan mudik yang aman dan nyaman," tutup Jokowi.

Pemerintah sebelumnya menetapkan libur nasional Hari Raya Idul Fitri 1443 H pada 2-3 Mei 2022. Sementara untuk cuti bersama lebaran pemerintah menetapkan pada tanggal 29 April 2022, 4, 5 dan 6 Mei 2022. Dengan tambahan libur akhir pekan, libur mencapai 10 hari. Keputusan soal cuti bersama akan ditindaklanjuti oleh menteri-menteri terkait.

"Keputusan mengenai cuti bersama ini akan diatur lebih rinci keputusan bersama menteri-menteri terkait. Cuti bersama dapat dipergunakan untuk bersilaturahmi dengan orang tua keluarga dan handai taulan di kampung halaman," ujar Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo menegaskan meski pemerintah memperbolehkan untuk mudik Lebaran tahun ini, pemerintah meminta masyarakat untuk tetap waspada dan tetap menjalankan protokol kesehatan saat cuti bersama atau mudik lebaran.

(ddn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA