Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Apr 2022 18:41 WIB

TRAVEL NEWS

Cara Mengisi e-HAC yang Jadi Syarat Mudik

Putu Intan
detikTravel
Ilustrasi aplikasi PeduliLindungi (Rolando FS/detikcom)
Foto: Ilustrasi aplikasi PeduliLindungi (Rolando FS/detikcom)
Jakarta -

Pengisian electronic Health Alert Card (e-HAC) menjadi syarat mudik bagi pengguna transportasi udara. Begini cara mengisinya.

Mulai tanggal 5 April 2022, setiap pelaku perjalanan udara wajib mengisi e-HAC. e-HAC sendiri sekarang sudah ada di aplikasi PeduliLindungi.

Penggunaan e-HAC sebagai syarat mudik ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran (SE) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Nomor 36 Tahun 2022 tentang Petunjuk Perjalanan Dalam Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi COVID-19.

Dalam pelaksanaannya, petugas di bandara akan memeriksa kelayakan perjalanan melalui e-HAC yang sudah diisi pemudik sehari sebelum tanggal keberangkatan atau sebelum check-in.

Berikut ini tahapan cara mengisi e-HAC yang menjadi syarat mudik:

1. Unduh aplikasi PeduliLindungi versi terbaru
2. Buat akun baru atau log in bila telah memiliki akun PeduliLindungi
3. Klik fitur e-HAC, lalu pilih Buat e-HAC
4. Pilih Domestik untuk pelaku perjalanan dalam negeri
5. Pilih sarana perjalanan Udara
6. Pilih tanggal dan isi nomor penerbangan
7. Jika nomor penerbangan tidak ditemukan, isi data penerbangan secara manual dengan memilih nama maskapai, bandara keberangkatan dan tujuan
8. Pastikan informasi sesuai, lalu klik Lanjutkan
9. Isi Data Personal, dapat diisi maksimal 4 orang sekaligus
10. Selanjutnya Anda dapat mengecek kelayakan terbang. Bila dinyatakan 'layak untuk terbang', pilih simpan informasi yang telah Anda isi sebelumnya.
11. Setelah itu, pilih Konfirmasi dan selesai

Bila pelaku perjalanan mendapatkan status 'tidak layak terbang', validasi manual dapat dilakukan dengan menunjukkan sertifikat vaksin dan hasil tes antigen atau RT-PCR di PeduliLindungi atau dokumen fisik ke petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di bandara.

Adapun syarat yang harus dipenuhi pemudik untuk memperoleh status kelayakan terbang antara lain:

1. Pemudik dengan jenis moda transportasi udara yang telah melakukan vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak diwajibkan untuk melakukan tes, baik antigen maupun RT-PCR untuk memenuhi syarat kelayakan terbang. e-HAC akan menilai kelayakan terbang berdasarkan hasil tes tersebut.

2. Pemudik yang sudah melakukan vaksinasi primer hingga dosis kedua, diwajibkan untuk melengkapi syarat mudik dengan keterangan hasil negatif tes antigen maksimal 1×24 jam atau tes RT-PCR maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan.

3. Pemudik yang baru vaksinasi satu kali, diwajibkan untuk menunjukkan dokumen hasil tes RT-PCR maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan.

4. Pemudik dengan komorbid (penyakit penyerta) yang tidak dapat melakukan vaksinasi harus menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil tes RT-PCR maksimal 3×24 jam.

Itulah cara mengisi e-HAC sebagai syarat mudik. Kendati saat ini aturan mudik dilonggarkan, traveler harus tetap menerapkan protokol kesehatan yakni memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.



Simak Video "Dear +62, Kemenkes Minta Aplikasi eHAC Lama Dihapus Saja"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA