Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 09 Apr 2022 10:30 WIB

TRAVEL NEWS

Canggih, di Toko Kereta Bawah Tanah Jepang Bisa Bayar dengan Scan Wajah

Syanti Mustika
detikTravel
Osaka Metro
Foto: (dok Osaka Metro)
Jakarta -

Jepang memang punya banyak terobosan menarik. Mereka menguji sistem pembayaran di toko kereta bawah tanah dengan scan wajah, walau memakai masker. Penasaran?

Diberitakan SoraNews, Jumat (8/4/2022) jaringan transportasi, Osaka Metro membuat terobosan dimana pengendara kereta bawah tanah akan dapat membeli barang dengan wajah mereka. Caranya adalah dengan scan wajah.

Tentu saja bukan sembarang wajah yang dapat dideteksi oleh mesin ini. Osaka Metro pun bermitra dengan NEC, sebuah perusahaan perusahaan teknologi informasi dan elektronik multinasional Jepang dan membangun sebuah oko di Osaka Metro.

Dengan sistem I: Delight NEC toko bisa mengenali wajah dari konsumen walau mereka mengenakan masker. Tampaknya teknologi ini menggunakan wajah seseorang serta iris matanya untuk mengonfirmasi identitas mereka. Uji coba pun akan dilakukan mulai tanggal 11 April hingga akhir bulan.

Toko canggih ini bernama Metro Opus Umeda, dimana menawarkan berbagai makanan setiap minggu. Untuk minggu pertama mereka akan menyajikan pai dan kue tar dari Pie Queen, spesialis pai apel yang berbasis di Sapporo. Kemudian dari tanggal 18 hingga 24 April, orang dapat membeli beberapa sandwich buah dari Momonoki Tokyo dengan wajah mereka. Pada minggu terakhir uji coba ini, Kentauros Osaka sendiri akan mengisi rak dengan pirozhki.

Mengingat barang yang dijual adalah makanan dimana butuh bantuan staff, tenaga manusia akan ada yang standby di toko. Namun pada saat pembayaran, traveler cukup menghadapkan wajahnya ke tablet.

Toko akan buka dari jam 11 pagi sampai jam 9 malam, tetapi bagi mereka yang hanya bisa sampai ke lokasi Stasiun Umeda setelah jam kerja, mesin penjual otomatis akan disiapkan di luar toko.

Menurut Osaka Metro mesin ini juga akan menggunakan data untuk mempelajari kebiasaan konsumen seperti produk apa yang dibeli berdasarkan usia dan jenis kelamin yang berbeda yang ditentukan oleh AI. Namun, Osaka Metro mengatakan bahwa tidak ada informasi pribadi yang digunakan atau disimpan dalam data dan semua foto akan dihapus setelah analisis selesai.

Juga, untuk mendaftar ke layanan tidak ada nama, tanggal lahir, alamat, atau informasi pribadi lainnya yang perlu diberikan kecuali foto wajah pengguna. Pendaftaran dilakukan hanya melalui browser web dan meminta email saja, yang menarik karena mereka secara eksplisit mengatakan bahwa mereka ingin mengetahui usia dan jenis kelamin orang.

Sepertinya teknologi ini ingin mengandalkan AI saja untuk mencoba dan mengidentifikasi hal-hal ini. Kartu kredit diperlukan untuk melakukan pembayaran, tetapi meskipun demikian kartu Visa prabayar dapat digunakan untuk menghindari berbagi data pribadi apa pun.

Siapa pun dapat mendaftarkan wajah mereka untuk layanan ini. Sudah terbayangkan bagaimana kehidupan di masa depan nanti?



Simak Video "Teknologi Pemindai Senjata Bantu Cegah Penembakan di Kereta Bawah Tanah"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA