Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 12 Apr 2022 10:52 WIB

TRAVEL NEWS

Forum SATHU Inisiasi 100 Ribu Kuota Haji Bagi Indonesia,10 Ribu Haji Khusus

A Saudi police woman, left, who is recently deployed to the service, at top left, stands alert in front of the Al-Safa mountain, as pilgrims pray at the Grand Mosque, at the Grand Mosque, a day before the annual hajj pilgrimage, Saturday, July 17, 2021. The pilgrimage to Mecca required once in a lifetime of every Muslim who can afford it and is physically able to make it, used to draw more than 2 million people. But for a second straight year it has been curtailed due to the coronavirus with only vaccinated people in Saudi Arabia able to participate. (AP Photo/Amr Nabil)
Ilustrasi jemaah di Makkkah saat pandemi COVID melanda. Kini, pemerintah setempat resmi membuka kembali ibadah haji dan umrah setelah COVID mereda. (Foto AP/Amr Nabil)
Jakarta -

Kementerian Haji Saudi Arabia menetapkan satu juta kuota haji pada tahun 2022. Ini Inisiasi dari Forum Silaturahmi Asosiasi Travel Haji dan Umrah (Forum SATHU).

Forum SATHU menginisiasi satu misi agar Indonesia mendapatkan kuota haji hingga 100 ribu dan 10 ribu di antaranya adalah jemaah haji khusus. Hal ini dibahas bersama Dirjen Haji Hilman Latief, Kepala BPKH Anggito Abimanyu dan Ali Ridho dari Komisi 8 DPR RI yang diselenggarakan GAPHURA (Gabungan Perusahaan Haji dan Umrah Nusantara).

"Kementerian Agama terus mengupayakan agar kuota haji Indonesia tidak kurang dari seratus ribu serta memastikan acuan tanggal pembatasan usia di bawah 65 tahun, apakah saat tiba di Saudi atau saat Wukuf di Arafah ?" kata Dirjen Haji Kemenag, Hilman Latief dalam rilis yang diterima detik Travel, Selasa (12/4/2022).

Sementara itu, Kepala BPKH Anggito Abimanyu pun menyatakan kesanggupannya jika kuota haji Indonesia sampai seratus ribu.

"Kami adalah pelaksana tugas dari aspek pemenuhan biaya haji yang ditetapkan Kemenag dan DPR, berapapun jumlah kuota dan besaran biayanya, kami siap memenuhinya".

Sejalan dengan Kemenag dan juga BPKH, Komisi 8 DPR pun sangat antusias dengan kuota satu juta dan akan segera membahasnya bersama Kemenag.

Karena pembahasan haji merupakan hal yang sangat penting, maka kami akan tetap mengadakan rapat secara marathon bersama Kemenag dan BPKH agar segera bisa ditetapkan jumlah kuota dan besaran BPIH" ujar Muhammad Ali Ridho dari Komisi 8 DPR RI.

Untuk merealisasikan inisasi itu, Forum SATHU juga merencanakan keberangkatan ke Saudi Arabia. Hal itu dilakukan untuk menyampaikan pesan dan aspirasi asosiasi haji anggotanya kepada Kementerian, Lembaga dan Badan Otoritas pelaksana haji khusus, bahwa travel dan jemaah haji khusus Indonesia menyambut baik keputusan Menteri Haji Saudi tentang kuota haji bagi haji dunia serta siap mengoptimalkannya hingga 10 ribu kuota jemaah haji khusus.

"Kami Forum SATHU terdiri dari 6 asosiasi travel haji yaitu : Amphuri, Kesthuri, Asphurindo, Gaphura, Mutiara Haji dan Ampuh bersepakat dengan Dirjen Haji Kemenag, Kepala BPKH dan Komisi 8 DPR untuk bekerja cepat dan cermat mensukseskan haji pertama setelah 2 tahun terhenti karena pandemi. Perhatian kami pada jumlah kuota dan biaya agar jamaah yang antusias berangkat bisa terakomodir" demikian ditegaskan sekjen FSATHU, Artha Hanif.



Simak Video "DPR-Pemerintah Upayakan RI Dapat Kuota Haji 2022 Sebanyak 106 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA