Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 13 Apr 2022 05:12 WIB

TRAVEL NEWS

Hasil Investigasi: Pesawat Air France Alami Masalah Serius Saat Landing

Uni Eropa Setujui Suntikan Dana 7 Miliar Euro Untuk Selamatkan Air France
Foto: Air France DW (News)
Paris -

Hasil investigasi terbaru menyebut pesawat Air France mengalami insiden serius saat akan mendarat di bandar Charles de Gaulle di Paris, Prancis pekan lalu.

Pesawat Boeing 777 milik Air France itu diketahui terbang dari bandar JFK di New York dengan tujuan akhir Paris, Prancis. Dari investigasi BEA, diketahui pesawat itu ternyata mengalami masalah serius sesaat sebelum mendarat.

Pesawat itu mengalami masalah pada bagian flight control-nya, membuat sang pilot harus ekstra berjibaku saat akan mendaratkan pesawat di landasan pacu bandara.

Hal itu terungkap dari rekaman suara yang berisi percakapan antara sang pilot dengan petugas Air Traffic Controller (ATC) bandara. Rekaman suara itu dipublikasikan pertama kali oleh AIRLIVE net yang bersumber dari Cockpit Voice Recorder.

Dalam rekaman itu terdengar sang pilot berkata ke petugas ATC bahwa mereka harus membatalkan pendaratan karena pesawat itu tidak bisa didaratkan karena ada masalah pada bagian flight control-nya.

Dalam rekaman itu juga terdengar sang pilot berjuang keras dengan alarm yang terus berbunyi. Sang pilot Air France bahkan sempat berteriak: 'Stop, stop, stop'.

Beruntung pesawat itu berhasil mendarat dengan selamat. Seluruh penumpang juga dilaporkan selamat. Meski begitu, proses investigasi akan terus berjalan.

Pihak maskapai Air France tidak mengonfirmasi kebenaran rekaman suara itu. Namun mereka membenarkan bahwa pilot pesawat itu sempat membatalkan pendaratan dan berputar di udara.

"Manuver itu prosedur yang normal. Kru kami telah terlatih dan sudah diintruksikan secara reguler tentang prosedur itu, yang mana digunakan juga oleh maskapai lainnya untuk menjamin keselamatan penumpang," ujar juru bicara Air France.



Simak Video "Maskapai Air France Batalkan Penerbangan Rute Paris-Kiev"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA