Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 13 Apr 2022 18:05 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Aturan Mudik Lebaran Naik Bus Damri

Putu Intan
detikTravel
Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo (kanan) bersama dengan Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha Perum DAMRI Sandry Pasambuna (kiri) saat peluncuran layanan antarmoda Kereta Api Jarak Jauh dengan Bus DAMRI di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu(2/1/2022). PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja sama dengan Perum DAMRI untuk menghadirkan layanan antarmoda Kereta Api Jarak Jauh dengan Bus DAMRI. Pelanggan KA Jarak Jauh dapat memesan tiket Bus DAMRI untuk menuju stasiun keberangkatan maupun dari stasiun kedatangan ke tujuan yang diinginkan melalui aplikasi KAI Access.
Bus Damri. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Traveler yang ingin mudik naik bus Damri wajib mengikuti aturan terbaru. Ini termasuk syarat vaksin dan tes COVID-19.

Damri menerapkan syarat perjalanan mengacu pada Surat Edaran Satgas COVID-19 Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi COVID-19. Plt Corporate Secretary Damri Siti Inda Suri mengatakan, Damri mengikuti hal tersebut guna memastikan pemudik atau pelaku perjalanan terlindung dari penyebaran COVID-19.

Berikut aturan mudik 2022 naik Damri:

1. Pelanggan yang baru mendapatkan vaksin dosis pertama harus menyertakan hasil negatif RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan.

2. Pelanggan yang sudah mendapatkan vaksin dosis kedua cukup menunjukkan hasil negatif melalui rapid test antigen yang berlaku 1x24 jam sebelum keberangkatan.

3. Pelanggan yang mendapatkan vaksin dosis ketiga (booster), tidak diwajibkan menyertakan hasil negatif RT-PCR maupun rapid test antigen.

4. Pelanggan dengan kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang tidak dapat divaksin, dapat menunjukkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah

5. Anak-anak yang berusia di bawah 6 tahun dikecualikan dari syarat perjalanan Damri namun wajib melakukan perjalanan dengan pendamping.

"Seluruh pelanggan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi," kata Siti dalam rilis Damri yang dikutip Rabu (13/4/2022).

Untuk masa Lebaran 2022, Damri mengerahkan 460 armada bus yang telah melalui proses rampcheck. Damri akan melayani 8.715 trip dengan prediksi pelanggan sekitar205.376 orang yang dilayani di luar pelanggan reguler.

Pelanggan dapat memesan tiket mudik melalui Damri Apps atau situs tiket Damri.co.id.

Puncak arus mudik sendiri diperkirakan akan terjadi pada tanggal 29 dan 30 April 2022. Lalu arus balik pada 8 Mei 2022.

Untuk itu, Damri menyiagakan Posko AHRI mulai 15 April hingga 15 Mei 2022. Lokasinya di Jabodetabek, Lampung, Palembang, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.



Simak Video "Besok Buruh Geruduk Markas Damri, Tuntut Upah Minimum!"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA